logo


Bagi Oppie, Tolak Keragaman adalah Perilaku Korupsi

Menolak keberagaman menurut Oppie Andaresta diartikan sebagai seseorang yang tak menghargai perbedaan dan hak orang lain.

21 Mei 2017 20:20 WIB

Musisi Oppie Andaresta
Musisi Oppie Andaresta sidomi.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Banyaknya isu SARA dan anti kebhinekaan baik disebarkan melalui media sosial dan dalam kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, membuat hati penyanyi Oppie Andaresta sedih. Bahkan, Oppie menyebut orang Indonesia yang anti keberagaman itu juga sudah melakukan tindakan korupsi.

"Isu menolak keragaman itu buat saya adalah perilaku koruptif. Berarti kamu tidak menghargai perbedaan. Kamu tidak menghargai hak orang lain," keluh Oppie kepada Jitunews.com, Minggu (21/05), di Jakarta.

Bagi pemilik lagu 'Cuma Khayalan' ini, anak Indonesia yang hebat adalah mereka yang menghargai hak orang lain. Salah satunya dengan cara menghargai keberagaman di tanah air.


Siti Zuhro Harap Isu Bhineka Tunggal Ika Tidak Digunakan dalam Menjelang Putaran Kedua Pilkada DKI Jakarta

"Ada yang lahir matanya sipit, badannya hitam, yang lahir dengan agama Kristen, Budha dan Hindu itu adalah hak masing-masing dan kita harus menghormati keberagaman itu," tegas ia menambahkan.

Boleh dikatakan, Oppie sendiri sejak tahun 2012 sudah memberikan edukasi alternatif kepada anak-anak melalui buku dan CD lagu. Menurut ia, banyak anak-anak yang hanya mendengarkan musik saja itu sebenarnya telah belajar. Ia pun selalu memasukkan pesan-pesan moral di dalam lagu ciptaannya.

"Contohnya anak saya dari rumah mau ke Pondok Indah, Jakarta Selatan itu menghabiskan waktu 45 menit. Kalau denger lagu itu sudah berapa kali dengerin lagu. Jadi di-brain wash gitu lho. Lagu dan film edukasi yang menyenangkan," tandasnya.

Oppie Andaresta: Evolusi Mental Bentuk Anak-anak Berperilaku Baik dan Antikorupsi

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Ratna Wilandari
 
×
×