logo


Presiden Jokowi Hadiri Arab Islamic-American Summit di Riyadh Hari Ini

Agenda KTT tersebut adalah membahas kerja sama guna memberantas radikalisme dan terorisme.

21 Mei 2017 07:22 WIB

Presiden Jokowi berbincang dengan Raja Salman sebelum penandatanganan buku tamu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (1/3).
Presiden Jokowi berbincang dengan Raja Salman sebelum penandatanganan buku tamu di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (1/3). setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Guna memenuhi undangan Raja Salman Abdulaziz Al-Saud, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertolak ke Riyadh, Arab Saudi, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab Islam Amerika (Arab Islamic-American), yang akan berlangsung hari ini, 21 Mei 2017. Presiden dan rombongan berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (20/5).

"Memenuhi undangan yang langsung diberikan kepada saya dari utusan khusus Sri Baginda Raja Salman untuk menghadiri Arab Islamic-American Summit," kata Presiden Jokowi.

Dalam KTT tersebut peserta nantinya akan membahas sejumlah kerja sama internasional guna mengatasi, memerangi radikalisme dan terorisme yang kini semakin merajalela dan mengancam kedamaian umat manusia.


Catat Jokowi Bilang : Kalau PKI Nongol, Gebuk Saja

"Arab Islamic-American Summit ini sangat penting bagi Indonesia karena akan dibahas kerja sama internasional untuk melawan radikalisme dan terorisme," kata Presiden lagi.

Presiden berharap dengan adanya KTT ini, dapat dijadikan sarana berbagi pengalaman serta saran-saran, kontribusi yang membangun guna menangani masalah radikalisme dan terorisme yang kini sudah menjadi musuh umum bagi sejumlah negara di dunia.

"Kita akan gunakan momen KTT ini untuk, yang pertama menyampaikan pentingnya penggunaan pendekatan soft power dalam melawan radikalisme dan terorisme," ujarnya.

Menurut Presiden, yang terpenting adalah bagaimana menangani akar permasalahannya. Jika akar permasalahan (radikalisme dan terorisme) dapat dibasmi, umat manusia akan satu langkah lebih dekat dengan perdamaian dunia yang selama ini ingin dicapai.

Dalam kunjungannya ke Arab Saudi, Presiden juga dijadwalkan bertemu Perdana Menteri Bangladesh, Syeikh Hasina, untuk membicarakan sejumlah isu bilateral. 

Turut mendampingi Presiden dalam lawatan ini Ibu Negara, Iriana Widodo; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI Trisno Hendradi; Komandan Paspampres, Mayjen TNI (Mar) Suhartono; Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono; dan Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, Ari Setiawan.

Presiden dan rombongan rencananya akan kembali ke Tanah Air langsung pada malam harinya.

Presiden Jokowi Sangat Bangga kepada TNI Saat Saksikan Latihan PPRC TNI

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari