logo


Pengamat: Kehadiran Satgas Pangan, Tidak Boleh Mengangu Usaha Pedagang

Andi Sinulingga mengatakan bahwa langkah pemerintah membentuk satgas guna menjaga stabilisasi harga pangan sudah on the track

19 Mei 2017 14:09 WIB

Pengamat Ekonomi Pertanian, Andi Sinulingga.
Pengamat Ekonomi Pertanian, Andi Sinulingga. Istimewa

JAKARTA, JITUNEW.COM- Pengamat Ekonomi Pertanian Andi Sinulingga mengatakan bahwa langkah pemerintah membentuk satuan tugas (Satgas) guna menjaga stabilisasi harga pangan sudah on the track namun demikian kehadirannya tidak boleh mengganggu usaha pedagang di pasar.

“Pembentukan satgas pangan itu menurut saya sudah bagus, tetapi kehadiran satgas tersebut tidak boleh mengganggu usaha pedagang di pasar,” demikian kata Pengamat Ekonomi Pertanian Andi Sinulingga saat dihubungi Jitunews.com, Jumat (19/5).

Lebih lanjut, Ia mengatakan kehadiran satgas untuk mengontrol sangat dibutuhkan, guna menjaga keseimbangan dan persaingan usaha yang sehat di pasar.


Viva Yoga: Pemerintah Harus Menjamin Pasokan Pangan Cukup Selama Bulan Ramadhan

“Tetapi jangan kemudian tim satgas yang ada memaksa pedagang, itu yang tidak boleh,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa bukan tidak mungkin ditengah menjalankan fungsi mengontrol harga pangan di pasar, ada oknum-oknum tertentu yang justru memaksa para pedagang di lapangan.

“Hal seperti itu yang juga perlu untuk diantisipasi oleh pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya langkah evaluasi kerja perlu untuk dilakukan guna menjaga dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti diketahui, sejak dibentuknya satgas pangan dan hingga saat ini tim satgas yang ada, meliputi tim dari kepolisian dan dari kementerian terkait (Kementan dan Kemendag) terus melakukan langkah pemantauan harga pangan di pasar. Langkah tim satgas pusat ini juga diikuti oleh tim satgas daerah yang juga sudah mulai turun ke pasar-pasar daerah untuk mengontrol harga pangan.

Memasyarakatkan Penerapan Teknologi Budidaya Bioflok, KKP Kenalkan Lele Bioflok ke Lingkungan Pondok Pesantren

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata