logo


Pengamat: Pedagang Harus Diliat Sebagai Mitra Pemerintah, Bukan Lawan

Pemerintah harus melihat pedagang di pasar sebagai mitra dalam menjaga harga.

19 Mei 2017 14:11 WIB

Andi Sinulingga.
Andi Sinulingga. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Ekonomi Pertanian, Andi Sinulingga, mengatakan bahwa dalam menjaga stabilisasi harga pangan pemerintah harus melihat pedagang di pasar sebagai mitra dalam menjaga harga, jangan melihat pedagang sebagai lawan.

"Pemerintah seharusnya bisa menggandeng pedagang dalam menjaga harga pangan, tidak justru membuat pasar sendiri untuk menjaga keseimbangan harga," demikian kata Andi Sinulingga saat dihubungi Jitunews.com, Jumat (19/5/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa yang dilakukan pemerintah saat ini adalah justru membuat struktur pasar baru, dan tidak masuk dalam struktur pasar yang ada.


Wakapolri: Kehadiran Satgas Pengendali Harga Pangan Guna Menjaga Perilaku Kartel

Menurutnya, dalam menjaga kestabilan harga pangan pemerintah harus bermitra dengan pedagang di pasar, sehingga harga pangan bisa d tekan dan biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, mengatakan bahwa kehadiran pemerintah dalam mengontrol harga pangan di pasar bukan untuk menekan usaha pedagang di pasar. Menurutnya, kehadiran pemerintah hanya sebagai penyeimbang dan pengontrol harga pangan.

"Pemerintah hadir sebagai penyeimbang, tatkala harga naik kita turun ke pasar, demikian saat harga turun. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah adanya permainan para spekulan di pasar," demikian tegas Enggartiasto.

Mentan Bakal Tingkatkan Monitoring Harga Pangan Hingga Lebaran

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari