logo


Digelar 3 Hari, UN SD 2017 di Jakarta Berjalan Tertib dan Lancar

Hasil UN SD 2017 sendiri akan diumumkan pada 14 Juni 2017.

17 Mei 2017 17:55 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. icareinsight.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) di Jakarta, selama tiga hari, mulai tanggal 15 s.d 17 Mei 2017, telah selesai dilaksanakan. Secara umum, jalannya UN di beberapa sekolah berjalan tertib dan lancar.

Pantauan Jitunews.com, di SDN Al Azhar 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, para siswa SD mampu mengerjakan dan menjawab soal-soal UN secara baik.

"Di sini pelaksanaannya baik, lancar, tertib dan sopan ya. Soal-soal juga tertutup dan rahasia. Diserahkan dari dinas, lalu langsung diserahkan ke kantor Kasi. Di sini ada 18 pengawas dari sekolah yang berbeda-beda," ujar Tutyk Sukistiaji, Spd., selaku pengawas ujian SDN Al Azhar 1, kepada Jitunews.com, di Jakarta, Rabu (17/5) sore.


Soal Ujian Nasional, JK: Tetap Jalan

Tutyk yang juga guru bahasa Inggris di SDN 15 Cipete Utara ini mengatakan bahwa tiap pengawas UN dipasangkan dengan guru sekolah yang berbeda, untuk menghindari adanya kecurangan.

"Saya dipasangkan bukan dengan teman sendiri, tapi dari sekolah lain," katanya.
Lanjut Tutyk, jadwal UN dimulai dari soal Bahasa Indonesia pada hari Senin. Lalu, Matematika pada hari Selasa, dan terakhir, IPA pada hari Rabu.

"Kalau di SD swasta, soalnya dianggap mudah karena mereka (siswa, red) masuk ke sekolah swasta juga. Seperti, Al Azhar atau Labschool. Jadi nggak ada yang masuk negeri," tuturnya.

Namun demikian, menurut Tutyk, ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaan UN SD kali ini, yakni kurangnya ketelitian para pengawas, yang harus diantisipasi dalam UN SD tahun 2018 mendatang.

"Pengawasnya suka lupa masukin absensi dan tanda tangan," ungkapnya.

Hasil UN SD tahun 2017 sendiri akan diumumkan pada tanggal 14 Juni 2017.

Jokowi Tolak Penghapusan Ujian Nasional

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Riana