logo


Polisi Gerebek Gudang Penimbunan Bawang Putih di Cilincing

Gudang penimbunan bawang putih yang saat ini sedang digerebek pihak kepolisian tidak memiliki izin impor dari pemerintah.

17 Mei 2017 13:49 WIB

Bawang putih yang sengaja ditimbun di gudang Merunda.
Bawang putih yang sengaja ditimbun di gudang Merunda. Jitunews/Siprianus Jewarut

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, mengatakan pemerintah akan menindak tegas setiap pelaku penimbunan bahan pangan. Ia juga menyebutkan bahwa hari ini, 17 Mei 2017, pihak kepolisian sedang menggerebek sebuah gudang penyimpanan bawang putih di Cilincing yang diduga melakukan penimbunan.

"Pagi ini polisi sedang menggerebek sebuah gudang penimbunan bawang putih di daerah Cilincing. Mereka tidak mengindahkan instruksi pemerintah untuk mengeluarkan bawang putih ke pasar, mereka sengaja menahan untuk mempengaruhi harga bawang putih di pasar,"demikian kata Enggartiasto saat ikut meluncurkan gerakan stabilisasi pangan, di gudang Bulog Divre DKI, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (17/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan adanya penggerebekan ini, menunjukkan bahwa pemerintah bersama pihak kepolisian tidak main-main dengan semua perilaku pedagang yang menyimpang. "Semua pelaku penimbunan bahan pangan dan pelaku spekulan lainnya akan kami tindak tegas. Untuk pelaku penimbunan bawang putih yang saat ini sudah digerebek kepolisian, kami pastikan akan ditindak tegas, karena kami sudah memiliki bukti yang lengkap," katanya lagi.


Pengamat Sebut Kondisi Tanah Berpengaruh terhadap Produksi Pangan

"Pelaku tidak mengindahkan permintaan dari pemerintah untuk mengeluarkan bawang putih tersebut ke pasar, mereka yang tidak mau mengeluarkan itu kita anggap sebagai langkah penimbunan, maka kita akan tindak tegas. Kita akan buktikan bahwa pemerintah tidak akan main-main dengan itu," tambahnya.

Enggarsito juga mengakui bahwa gudang penimbunan bawang putih yang saat ini sedang digerebek pihak kepolisian tidak memiliki izin impor dari pemerintah.

"Kita tidak tau bawang putih tersebut masuknya dari mana, karena tidak ada izin impornya," katanya. Ia menegaskan bahwa untuk perusahaan yang saat ini sudah digerebek, jangan pernah berpikir akan mendapatkan izin dagang dari pemerintah.

"Kita akan cabut izin dagangnya, dan tidak akan mengeluarkan izin dagang lagi," tukasnya.

Seperti diketahui, penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menggerebek gudang PT TPI di jalan Marunda, Jakarta Utara, pada Selasa (16/5).

Pasalnya, gudang PT TPI tersebut diduga sebagai tempat penimbunan bawang putih berjumlah 182 ton asal China dan India. Akan tetapi, saat dimintai dokumen, pihak gudang tidak memiliki dokumen impor yang lengkap.

Ikappi: Ketersediaan Pasokan Kunci Stabilnya Harga Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari