logo


Pemerintah Harap Harga Internet Dipermurah

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menegaskan bahwa komunikasi data diperkirakan bakal menjadi tulang punggung perekonomian di masa mendatang.

17 Mei 2017 09:36 WIB

(dari Kiri – kanan) Komisioner BRTI Ketut Prihadi, Perwakilan ATSI Yessy D Yosetya , Ketua YLKI Tulus Abadi, Menkominfo Rudiantara, dan Head Of Core Offering Indosat Ooredoo Sharief Mahfoedz pada seminar Mencari Format Tarif Mobile Data Ideal, di XXI Club, Theater Jakarta, Selasa (16/5).
(dari Kiri – kanan) Komisioner BRTI Ketut Prihadi, Perwakilan ATSI Yessy D Yosetya , Ketua YLKI Tulus Abadi, Menkominfo Rudiantara, dan Head Of Core Offering Indosat Ooredoo Sharief Mahfoedz pada seminar Mencari Format Tarif Mobile Data Ideal, di XXI Club, Theater Jakarta, Selasa (16/5). Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menegaskan bahwa komunikasi data diperkirakan bakal menjadi tulang punggung perekonomian di masa mendatang. Rudiantara berharap agar operator bisa memberikan harga komunikasi yang terjangkau bagi masyarakat.

Menurutnya, keterjangkauan layanan komunikasi tidak hanya soal keberadaan layanan tetapi juga tawaran layanan dengan harga terjangkau. Meski tak terjangkau, kualitas layanan (quality of services) tak harus dikorbankan.

"Dari sisi penyelenggara jasa seluler, keuntungan bisnis memang menjadi orientasi. Tetapi karena iklim bisnis yang sangat kompetitif, operator harus selalu melihat bagaimana kondisi persaingan di lapangan. Khusus layanan data, operator yang pendapatannya bergeser dari suara dan SMS ke data harus merumuskan tarif data yang mestinya harus terjangkau oleh seluruh masyarakat," ujar Rudianatara, dalam seminar Mencari Format Tarif Mobile Data Ideal, di XXI Club, Theater Jakarta, Selasa (16/5).


Polisi Gandeng Jasa Layanan Internet untuk Ungkap Kasus 'Chat Mesum' Rizieq Shihab

Rudiantara menegaskan, yang paling dibutuhkan pelanggan seluler saat ini adalah layanan data yang stabil dan terjangkau. Dalam kacamata regulasi, pemerintah tidak ikut dalam penentuan tarif layanan data. Tapi, pemerintah harus mampu memberi ekosistem bisnis yang terbaik agar tarif layanan data dapat terjangkau bagi masyarakat.

Dari angka tersebut sekitar 36-37% telah menggunakan internet mobile. Di sisi lain tren pemakaian ponsel cerdas juga terus meningkat. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang.

Adapun materi pokok yang akan diatur dalam RPM adalah komponen biaya elemen jaringan (network element cost) merupakan biaya penggunaan jasa penggunaan akses internet. Selain itu, biaya penggunaan layanan akses internet berupa biaya yang dibebankan oleh Penyelenggara kepada Pengguna untuk setiap penggunaan layanan akses internet. Ketiga adalah biaya penggunaan akses internet sudah termasuk biaya elemen jaringan sewa bandwidth internasional. Komponen biaya aktivitas layanan retail dan komponen profit margin.

Bantah Si Hacker, Dirut Telkomsel: Tarif Internet di Indonesia Termurah Nomor Tiga di Dunia

Halaman: 
Penulis : Denys, Vicky Anggriawan