logo


Amien Rais Tantang Luhut Adu Data Reklamasi

Amien menyebut, proyek reklamasi adalah salah satu cara yang akan dipakai Tiongkok untuk mencapai strategi One Belt One Road (OBOR).

17 Mei 2017 04:29 WIB

Amien Rais.
Amien Rais. Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais, menantang Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, untuk adu data perihal proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Politisi senior PAN itu bersikukuh proyek reklamasi Teluk Jakarta harus dihentikan seperti disuarakan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno saat kampanye Pilkada Jakarta 2017. Pasalnya, Amien menilai reklamasi Jakarta hanya akan menguntungkan golongan elit dan bukan solusi atasi banjir.

"Jika data saya salah maka silakan lanjutkan proyek tersebut, tetapi saya kira sudah benar apa yang dikatakan dan menjadi program Anies-Sandi untuk menghentikan proyek reklamasi," tegas Amien usai seminar Stop Reklamasi Teluk Jakarta di ruang KK-I Gedung Nusantara Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5).


Amien Rais: Kita Bikin Perhitungan Jika Ahok Bebas

Amien menyebut, proyek reklamasi adalah salah satu cara yang akan dipakai Tiongkok untuk mencapai strategi One Belt One Road (OBOR).

"Salah satu strategi China untuk membangun jalur ekonomi mereka adalah OBOR yang melalui 45 negara dengan salah satunya adalah jalur laut kita," kata Amien.

Amien mengatakan, dirinya lebih setuju proyek besar reklamasi tersebut segera dimoratorium.

Sebelumnya, Luhut menyatakan reklamasi Teluk Jakarta harus tetap dilanjutkan. Alasannya, kata Luhut, penurunan tanah di Jakarta setiap tahunnya bisa 17,5 cm hingga 23 cm di beberapa tempat.

"Saya nggak lihat ada alasan, tapi kalau mau distop, ya bikin aja situ stop. Nanti kalau sudah Jakarta tenggelam atau menurun ya, tanggung jawab. Jadi jangan nanti lari dari tanggung jawab di kemudian hari. Jangan hanya gara-gara satu orang kita jadi berhenti," tegas Luhut, belum lama ini.

 

Amien Rais Sebut Pilkada DKI Jakarta Butuh 'Pendinginan'

Halaman: 
Penulis : Riana
 
×
×