logo


Jadi Pemberitaan di Luar Negeri, Ilmuwan Ungkap Bangkai Monster Laut Raksasa di Indonesia

Diketahui bahwa bnagkai biota laut yang terdampar di Maluku merupakan jenis paus (whale).

16 Mei 2017 22:36 WIB

Bangkai Mamalia laut yang terdampar di pesisir pantai Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.
Bangkai Mamalia laut yang terdampar di pesisir pantai Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Humas kkp

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Kematian monster laut berukuran raksasa yang terdampar pada Selasa (9/5) malam lalu di barat Pulau Serum, Indonesia menjadi pemberitaan media luar negeri, demikian media online Inggris, Express.co.uk melaporkan.

Hewan laut raksasa itu, yang panjangnya kurang lebih 50 kaki, hampir mati, tiga hari sebelum ditemukan, di mana warga lokal meminta kepada pemerintah setempat untuk turut serta membantu menyingkirkan bangkai besar yang sudah membusuk tersebut.

Penduduk setempat dan para ahli biologi Indonesia sempat bingung untuk mengetahui spesies satwa misterius itu, dan beberapa orang percaya bahwa itu merupakan bangkai cumi-cumi raksasa. Sedangkan, pendapat lain mengklaim, bahwa itu adalah binatang laut yang belum pernah diungkap ilmuwan dunia sebelumnya.


Berani Mengubah Arah Bisnis

Tapi, pendapat bahwa bangkai itu merupakan cumi-cumi raksasa harus di kesampingkan karena hewan yang telah mati itu ternyata memiliki tulang - sedangkan cumi-cumi raksasa adalah hewan invertebrata.

Dari sana, diketahui pendapat lain para ahli, bahwa bangkai itu yaitu jenis ikan paus.

"Cumi-cumi raksasa adalah binatang invertebrata dan tulang (rahang, tengkorak, dan vertebrata) mudah terlihat. Jadi saya sangat yakin bahwa ini adalah jenis ikan paus rorqual. Spesies paus baleen tertentu (rorquals) memiliki 'alur ventral' yang mengalir dari dagu ke pusar mereka. Ini adalah tulang dalam yang mengembang saat mereka menyusu" papar Direktur Eksekutif Konservasi Ikan Paus dan Lumba-lumba, Regina Silvia.

Harapan Besar Pembuat Tahu Kecil

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Ratna Wilandari