logo


Fadli Zon : Boleh Kerjasama Sama China, Asal Menguntungkan

DPR sangat mendukung kerjasama yang saling menguntungkan dengan China

9 Desember 2014 10:32 WIB

Kerjasama maritim
Kerjasama maritim

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mendukung langkah Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan hubungan dengan Republik Rakyat China. Terutama terkait dengan bidang maritim, namun sebelumnya perlu dibuat aturan dalam pelaksanaannya.

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengungkapkan, bahwa perjanjian tersebut sangatlah bagus. Namun menurutnya, tinggal bagaimana pemerintah dan DPR mendiskusikan langkah tersebut ke depannya.

“Sejauh ini, pihak pemerintah Indonesia telah menyampaikan keinginannya untuk bekerjasama dengan RRC (Republik Rakyat Cina), saya kira ini sangat bagus. Terutama masalah poros maritim di Asia, tinggal kita diskusikan bagaimana pelaksanaannya. Sehingga pemerintah Indonesia perlu mempunyai sebuah blueprint ke arah implementasinya,” ungkap Fadli Zon kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta.


Soal Pengadaan Gorden Rumah Dinas Anggota DPR, Demokrat: Sangat Tidak Elok

Politisi Partai Gerindra ini menyatakan, sebuah program yang bagus dalam perancangannya, tidak akan ada artinya jika tidak ada implementasinya. Sehingga harus dibuat perencanaannya terlebih dahulu, dan dilaksanakan oleh orang-orang yang tepat dan mempunyai kapasitas di bidang tersebut.

Fadli Zon juga menyampaikan, sejauh ini tidak ditemui masalah terkait dengan hubungan luar negeri Indonesia dengan RRC, baik dalam forum multilateral dan regional.

“Kita sangat mendukung hubungan yang saling menguntungkan di kedua belah pihak. Apalagi Indonesia membutuhkan investasi yang menyerap tenaga kerja yang lebih besar,” imbuhnya.

Namun Fadli menggarisbawahi, mengenai investasi RRC di Indonesia, bukan hanya menguntungkan RRC saja. Namun juga harus menguntungkan kedua belah pihak. “Tidak hanya menguntungkan investor, tapi menguntungkan masyarakat dan kepentingan nasional,” pesan Fadli.

Sebelumnya, DPR RI telah bertemu dengan Chairwoman of The Foreign Affairs Committee of The National People’s Congress (NPC) of The China, Madam Fu Ying.

Jokowi Tunjuk Luhut Urus Persoalan Minyak Goreng, Pimpinan DPR: Kita Tunggu Hasilnya

Halaman: 
Penulis : Deni Muhtarudin, Ali Hamid