logo


Ahli: Sosok Wanita Tanpa Busana dalam Chat ‘Balada Cinta Rizieq’ adalah Firza Husein

Selain mencocokkan foto Firza yang tanpa busana dengan foto Firza ketika di tahanan, Hery juga menggunakan program yang mampu mengungkap identitas pemilik wajah dalam foto

16 Mei 2017 00:00 WIB

Firza Husein.
Firza Husein. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Kasus video 'Chat Panas' yang melibatkan petinggi Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dan tersangka makar Firza Husein (FH), berangsur-angsur menuju titik terang.

Senin (15/5) kemarin, Polda Metro Jaya telah memanggil saksi ahli, yakni Hery Cahyono, ahli pengenalan wajah (face recognition) dari Indonesia Automatic Fingerprints Identification System (Inafis) Polri, untuk meneliti keaslian foto dalam kasus tersebut.

Biasanya Mencibir, Tiba-tiba Habiburokhman Tulis Tweet Bijak untuk Ahok!


Kasus 'Chat Panas', Polisi Sebut 16 Lekuk Tubuh Dianggap Identik dengan Firza Husein

Dan yang mengejutkan, Hery menyimpulkan bahwa wanita tanpa busana dalam percakapan itu adalah Firza Husein.

“Rizieq yang Cakep, yang Sholeh, Pulang Dong ke Jakarta, Nakal Sih Kamyuuuu..”

"Disimpulkan bahwa foto yang diserahkan oleh penyidik untuk diperiksa di tim Inafis adalah asli dan bukan rekayasa," tukas Hery di Mapolda Metro Jaya, Senin (15/5).

MUI Imbau Polisi Perlakukan Rizieq Seperti Gayus Tambunan

Hery menjelaskan metode penelitian yang ia lakukan. Dia menggunakan 3 aplikasi face recognition untuk mendeteksi keaslian foto tersebut.

Kuasa Hukum FPI: Habib Rizieq Kesal Ditekan dan Dikejar Polisi

Hery membandingkan foto-foto dalam situs baladacintarizieq yang disimpan dalam tiga keping CD yang diserahkan penyidik kepada dirinya. Dan, yang foto yang menjadi pembanding, adalah foto Firza yang diambil penyidik ketika Firza ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

“Masa Keputusan Pengadilan Didemo Orang Seluruh Dunia, Kan Malu Kita”

"Jadi kami bandingkan pada saat tanggal 4 Februari kami adakan pemeriksaan secara langsung, kami memotret wajah dari FH, kami bandingkan gunakan sistem yang ada di kami," tukas Hery.

Rizieq Tak Kunjung Pulang ke Indonesia, Sukmawati: Harusnya Tahu Dirilah Ya

Selain mencocokkan foto Firza yang tanpa busana dengan foto Firza ketika di tahanan, Hery juga menggunakan program yang mampu mengungkap identitas pemilik wajah dalam foto. Hasilnya, identitas Firza yang didapat dari foto tanpa busana itu.

Ahok Diancam Dibunuh, Begini Reaksi Wiranto

Tim Sinkronisasi Kaji Ulang Proyek Reklamasi untuk Kepentingan Masyarakat

"Jadi ketika wajahnya berbeda dalam hal ini, wajahnya yang berbeda secara sistemnya dia akan menolak. Algoritma geometrik wajah tersebut, dia mendeteksi. Kalau enggak matching enggak keluar datanya. Makanya saya yakin," pungkasnya.

Periksa Ponsel Habib Rizieq dan Firza, Polisi: Komunikasi Keduanya Intens

Halaman: 
Penulis : Riana