logo


Pertamina Siapkan SPBU 'Darurat' Antisipasi Lonjakan BBM

PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) akan menyiapkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) darurat di sejumlah lokasi.

15 Mei 2017 22:34 WIB

SPBU Pertamina.
SPBU Pertamina. JITUNEWS/Rezaldy

SEMARANG, JITUNEWS.COM- Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan saat ramadan maupun lebaran, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) akan menyiapkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) darurat di sejumlah lokasi di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat libur Lebaran 2017.

Menurut General Manager PT Pertamina MOR IV JBT Ibnu Chouldum, SPBU darurat yang disiapkan Pertamina ini terdiri dari SPBU kantong, kios-kios pengisian bahan bakar umum, serta serambi.

"SPBU kantong berupa truk-truk BBM itu saat lebaran nanti tak hanya ditempatkan di lokasi sekitar SPBU, tapi juga akan disiagakan di sejumlah titik yang rawan kemacetan," ujarnya, Senin (15/5).


RI Beri Izin Ekpor Konsentrat dengan Bea Keluar Menguntungkan Freeport

Untuk SPBU kantong, Ibnu menjelaskan bahwa nantinya akan ada sekitar 25 SPBU Kantong yang disiapkan dan ditempatkan di titik-titik rawan yang ada di Jateng dan DIY.

Selain SPBU kantong, pihaknya juga akan mendirikan kios-kios pengisian bahan bakar minyak, serta serambi (posko arus mudik milik Pertamina).

"Fokus pengamanan lebaran Pertamina pada tahun ini merata di seluruh daerah. Skala prioritas tetap akan dipusatkan di wilayah Pantura, terutama daerah Pemalang, Brebes, dan Tegal, yang kerap mengalami kemacetan dan kelangkaan BBM saat lebaran," terangnya.

Dalam hal ini, Ibnu mengatakan bahwa pihaknya tidak ingin hal-hal buruk terjadi seperti pada tahun lalu.

"Pengalaman kami, tahun lalu terjadi kemacetan hingga para pengendara kesulitan mendapatkan BBM di Brexit (pintu keluar tol Brebes). Makanya kami akan lakukan antisipasi dengan menyiapkan SPBU kantong di sekitar lokasi tersebut,” paparnya.

Seperti kita ketahui, saat menjelang bulan puasa maupun lebaran, konsumsi BBM akan mengalami kenaikan drastis. Kendati demikian, Ibnu meminta masyarakat untuk tidak panik akan hal tersebut.

"Kita (Pertamina) telah meningkatkan pasokan BBM, baik jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex, hingga Dexlite," pungkasnya.

ADPPI: Menteri ESDM Harus Selesaikan Sengketa Panas Bumi Dieng dan Patuha

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Ratna Wilandari