logo


Ikappi: Ketersediaan Pasokan Kunci Stabilnya Harga Pangan

Terjadinya kenaikan harga pada sejumlah komoditas pangan karena pasokan ke pasar masih belum stabil.

15 Mei 2017 13:55 WIB

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Abdullah Mansuri.
Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Abdullah Mansuri. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Abdullah Mansuri, mengatakan ketersediaan pasokan menjadi kunci stabilnya harga komoditas pangan di pasar.

"Sebenarnya, kunci untuk menjaga stabilnya harga pangan, ya pada ketersediaan pasokan. Kalau pasokan stabil otomatis harga akan stabil. Itu kan hukum Suplly dan Demand," demikian kata Mansuri saat dihubungi Jitunews.com, Senin (15/5/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa terjadinya kenaikan harga pada sejumlah komoditas pangan karena pasokan ke pasar masih belum stabil.


Sandiaga Uno Turun ke Pasar Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan

"Untuk komoditas tertentu seperti beras, cabai, dan sejumlah komoditas lainnya saat ini pasokannya sudah cukup stabil, tetapi komoditas lain seperti bawang putih masih belum stabil. Maka dampaknya pada harga," katanya lagi.

Terkait dengan akan digelontorkannya 9.000 ton bawang putih impor ke pasar oleh pemerintah, Abdullah Mansuri menilai langkah tersebut sudah tepat.

"Masuknya bawang putih impor tersebut sudah tepat, karena pada kenyataannya kita sudah kekurangan stok bawang putih, sementara produksi dalam negeri sangat minim. Maka langkah impor harus dilakukan," ujarnya.

Menurutnya, untuk bawang putih, ketergantungan Indonesia pada impor masih sangat tinggi. Pasalnya, hal ini dikarenakan produksi bawang putih dalam negeri masih sangat minim, sementara kebutuhan konsumsi masyarakat terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa masuknya 9.000 ton bawang putih impor asal Tiongkok tersebut bertujuan menekan harga bawang putih yang saat ini sedang naik di pasaran.

Amran menargetkan dengan masuknya bawang impor tersebut harga bisa ditekan hingga Rp32.000 s.d. Rp34.000/kg. Sementara itu, harga bawang putih saat ini sudah mencapai kisaran Rp56.000 s.d. Rp60.000/kg.

Harga Cabai dan Bawang Meroket, Pedagang: Orang Kecil yang Kena Dampaknya

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari