logo


Pemerintah Siapkan 9.000 Ton Bawang Putih Impor, Pedagang Senang

Diharapkan dengan masuknya 9.000 ton bawang putih impor tersebut akan mampu mengembalikan harga bawang putih ke harga normal dan jumlah pembeli bisa stabil kembali.

15 Mei 2017 11:54 WIB

Bawang putih.
Bawang putih. JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kenaikan harga bawang putih impor yang saat ini mencapai Rp55.000 sampai Rp 60.000/kg, ternyata tidak dinikmati oleh pedagang di pasar eceran. Pasalnya, dengan terus naiknya harga bawang putih di pasar jumlah pembeli justru terus berkurang.

"Kami tidak untung mas, justru kami rugi karena pembelinya berkurang, harga bawang putih terus naik dampaknya pembeli berkurang," kata Anto (33), salah satu pedagang bawang merah di pasar Senen Blok III-VI, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2017).

Kisaran harga normal untuk bawang putih mencapai Rp40.000 s.d. Rp45.000/kg, tetapi hingga saat ini harga untuk komoditas bawang putih terus merangkak naik.


Mentan Sebut Kenaikan Harga Bawang Putih Tidak Wajar

Sementara itu, terkait dengan rencana pemerintah yang akan menggelontorkan 9.000 ton bawang putih impor ke pasar guna menjaga stabilitas harga bawang putih, Anto(33) mengaku senang dengan masuknya bawang putih impor tersebut.

"Alhamdulillah mas, kalau ada bawang putih yang akan masuk dalam waktu dekat, karena stok bawang kita terus berkurang, sementara kenaikan harga juga tidak kita nikmati, terutama di pasar eceran," katanya lagi.

Ia berharap dengan masuknya 9.000 ton bawang putih impor tersebut akan mampu mengembalikan harga bawang putih ke harga normal dan jumlah pembeli bisa stabil kembali.

Seperti diketahui, dalam sidak yang dilakukan menteri pertanian di pasar Induk Kramat Jati beberapa waktu yang lalu, Mentan Amran Sulaiman mengatakan bahwa untuk menjaga ketersediaan pasokan bawang putih di pasar dan guna menjaga stabilitas harga menjelang Ramadan, pemerintah akan mengguyur pasar dengan bawang putih impor hingga 9.000 ton.

Mentan optimis bahwa dengan masuknya bawang putih impor tersebut akan mampu mengembalikan harga bawang putih ke harga normal.

Pemerintah Akan Gelontorkan Bawang Putih Impor untuk Atasi Lonjakan Harga, Ini Kata Pengamat

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari