logo


Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pangan di Pasar Senen Sedikit Naik

erdasarkan hasil pantauan Jitunews.com, di pasar Senen Blok III-VI Jakarta Pusat, sejumlah harga bahan pangan pokok seperti sayur-sayuran mengalami pergerakan harga.

15 Mei 2017 11:54 WIB

Suasana di pasar tradisional Klender, Jakarta (27/4/2016).
Suasana di pasar tradisional Klender, Jakarta (27/4/2016). JITUNEWS/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bulan Ramadhan tinggal dua minggu lagi, harga pangan di pasar kini sudah mengalami kenaikan harga. Berdasarkan hasil pantauan Jitunews.com, di pasar Senen Blok III-VI Jakarta Pusat, sejumlah harga bahan pangan pokok seperti sayur-sayuran mengalami pergerakan harga.

Untuk kelompok sayur-sayuran seperti bawang putih pedagang masih menjualnya dengan harga Rp 55.000 sampai 60.000/kg, harga bawang putih sebelumnya Rp 40.000 hingga Rp 45.000/kg. Sementara itu untuk bawang merah kisaran harganya Rp 35.000/kg.

“Harga bawang putih sudah mengalami kenaikan sejak beberapa minggu yang lalu, sementara untuk bawang merah kisaran harganya relatif stabil, di angka Rp35.000/kg,” demikian kata Anto (33) salah satu pedagang bawang merah di Pasar Senen Blok III-VI, Jakarta Pusat, Senin (15/5).


Ingin Berolahraga di Bulan Puasa? Perhatikan Dulu Hal-hal Ini

Selain harga bawang putih, harga cabai merah keriting juga masih bertahan di angka tinggi Rp 40.000/kg, harga sebelumnya mencapai Rp 25.000 sampai Rp 30.000/kg.

Lebih lanjut, Anto mengatakan bahwa untuk harga jenis cabai lainnya masih tergolong stabil seperti harga cabai rawit hijau yang masih di kisaran Rp 35.000/kg, cabai rawit merah Rp 35.000/kg, cabai merah besar Rp 40.000/kg.

Menurut Anto, adanya pergerakan harga pada sejumlah komoditas pangan tersebut bukan karena permainan pasar tetapi justru karena ketersediaannya masih belum stabil di pasar.

“Misalnya saja kenaikan harga bawang putih, itu sudah terjadi sejak 2 minggu yang lalu. Kenaikannya buka karena disengaja oleh pedagang tetapi karena pasokannya berkurang ke pasar,” katanya.

Ia berharap agar pemerintah terus mengupayakan agar ketersediaan bahan pangan bisa stabil ke pasar sehingga harga bisa tetap normal.

Mendag Ingin Ibu-Ibu Tersenyum Sambut Puasa dan Lebaran

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan