logo


5 Makanan dan Minuman Berikut Picu Migrain, Hindari!

Ada beberapa faktor penyebab migrain, salah satunya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi

14 Mei 2017 14:35 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Migrain atau sakit kepala sebelah sering terjadi pada setiap orang dan membuat si penderita tidak nyaman. Ada beberapa faktor penyebab migrain, salah satunya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Berikut ada beberapa makanan dan minuman pemicu migrain.

1. Cokelat

Cokelat bisa menjadi pemicu munculnya migrain pada seseorang, sebagian orang bisa mengalami migrain setelah mengonsumsi cokelat. Menurut pakar, cokelat merupakan pemicu migrain selain alkohol. Hal ini karena cokelat mengandung feniletilamin dan kafein, bagi Anda yang merasakan migrain setelah mengonsumsi cokelat lebih baik hindari memakannya dalam jumlah banyak. 


Penderita Asma Harus Tau, Makanan Berikut Ini Bisa Bikin Puasamu Lancar Tanpa Takut Kambuh

2. Daging olahan

Sosis dan ham merupakan contoh daging olahan yang dapat memicu migrain. Kandungan nitrat dan nitrit sebagai pengawet pada daging olahan tersebut dapat memperlebar pembuluh darah sehingga dapat memicu migrain pada beberapa orang.

3. Makanan atau minuman dingin

Makanan dan minuman dingin bisa memicu terjadinya migrain, terutama pada orang yang sensitif. Jika Anda mengalami sakit kepala sebelah setelah mengonsumsi makanan atau minuman dingin, hal ini bisa juga terjadi karena Anda merasa kepanasan atau setelah berolahraga.

4. Makanan yang mengandung MSG

Makanan kemasan yang mempunyai rasa gurih pada umumnya mengandung MSG. Beberapa orang mengalami migrain setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG. 

5. Kopi, teh, dan minuman bersoda

Ketiga minuman tersebut termasuk faktor pemicu migrain. Kandungan kafein dalam ketiga minuman tersebut sering dikaitkan sebagai pemicu migrain. Namun terkadang kafein dirasa dapat membantu menghilangkan migrain, tapi jika terlalu sering mengonsumsi kafein dalam jumlah yang tinggi dari biasanya juga bisa memicu migrain. Untuk menghindari migrain, sebaiknya kurangi konsumsi minuman berkafein secara perlahan jika Anda ingin menghentikan kebiasaan tersebut.

Sering Terbangun Saat Tengah Malam? Ini Penyebabnya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata