logo


Calon Pemohon PLN di NTB Capai 11.000 Pelanggan

Menurut Manajer Niaga Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah NTB, Muhammad Andi Adchaminoerdin, belasan ribu calon pelanggan ini menunggu pemasangan mesin "kilo watt hours" (kwh).

13 Mei 2017 19:50 WIB

Petugas PLN memperbaiki gardu listrik.
Petugas PLN memperbaiki gardu listrik. dok. PLN

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT PLN (Persero) di Wilayah Nusa Tenggara Barat mengalami pelonjakan, calon pemohon yang masuk dalam daftar tunggu sekitar 11.000 pemohon. Data tersebut berdasarkan perhitungan per 1 April 2017.

Menurut Manajer Niaga Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah NTB, Muhammad Andi Adchaminoerdin, belasan ribu calon pelanggan ini menunggu pemasangan mesin "kilo watt hours" (kwh).

"Untuk di NTB jumlah daftar tunggu tersebut sudah relatif banyak. Kebanyakan dari calon pemohon itu adalah dari kalangan bisnis serta subsidi," ujar Andi, Sabtu (13/5).


Jaga Pasokan Listrik ke Palu, PLN Amankan Tower Emergency Pasca Musibah Longsor

Ditambahkan oleh Andi, untuk calon pelanggan yang tergolong warga kurang mampu dengan daya 900 volt ampere (VA), otomatis akan tetap menerima subsidi listrik jika terdaftar dalam data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Dengan target sebanyak 11.000 calon pelanggan, Andi berharap tidak ada kendala persyaratan oleh calon pelanggan sehingga akhir Juni 2017 bisa langsung dipasang mesin kwh.

"Namun, faktanya sebanyak 75 persen dari total calon pelanggan tersebut bermasalah dari sisi persyaratan SLO. PLN tidak punya kewenangan menerbitkan SLO. Kami sudah sosialisasikan terkait persyaratan pemasangan listrik dari PLN yang sudah diatur dalam Undang-Undang Kelistrikan itu," terangnya.

Dalam hal ini, Sertifikat Laik Operasi (SLO) diterbitkan oleh perusahaan yang diberikan kewenangan. Dan khusus di NTB, ada empat perusahaan yang berhak menerbitkan SLO, yakni Konsuil, PPILN, Jasinindo, dan Serkolinas. Dan PLN NTB terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi dengan melakukan percepatan penyambungan listrik.

"Jadi kita berharap seluruh calon pelanggan ini dengan segera bisa melengkapi persyaratan agar bisa langsung kita pasangi mesin kwh. Karena jumlah daftar tunggu itu terus bertambah setiap harinya, baik dari golongan rumah tangga atau industri. Kami siap melayani pemasangan baru sebanyak-banyaknya karena daya mampu kita sudah surplus 70 megawatt untuk sistem kelistrikan Lombok," cetusnya.

Jelang Ramadhan, PLN Diminta Amankan Pasokan Listrik di Riau

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Vicky Anggriawan