logo


Jelang Ramadhan, PLN Diminta Amankan Pasokan Listrik di Riau

Permintaan ini ditujukan kepada umat Islam yang menjalankan ibadah selama bulan puasa bisa tetap nyaman

13 Mei 2017 17:30 WIB

Ilustrasi petugas PLN memperbaiki jaringan listrik.
Ilustrasi petugas PLN memperbaiki jaringan listrik. Istimewa

RIAU, JITUNEWS.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meminta kepada PT PLN (Persero) untuk mengamankan pasokan listrik di kawasan Riau terutama selama bulan suci Ramadan. Permintaan ini ditujukan kepada umat Islam yang menjalankan ibadah selama bulan puasa bisa tetap nyaman.

"Saya berharap tidak ada pemadaman listrik oleh PLN selama Ramadhan terutama pada jam jam penting, berbuka, tarawih dan sahur. Jadi pihak PLN harus mempersiapkan dari sekarang untuk bisa memastikan tak ada pemadaman yang panjang selama bulan suci tersebut," ujarnya, Sabtu (13/5).

Rachman juga mengatakan, jika memang ada pemeliharaan itu bisa diusahakan dari sekarang. Hal ini bertujuan agar nantinya PLN tidak beralasan bahwa pemadaman dilakukan karena ada pemeliharaan dan sebagainya.


Jelang Ramadhan, Polisi Sita Ribuan Botol Miras

"Masyarakat butuh pelayanan prima. Jadi kalau ada pemeliharaan lebih baik dari sekarang biar nanti ngga ada alasan pemeliharaan dll," tegasnya.

Disisi lain, GM PLN WRKR Irwansyah Putra, menyatakan pihaknya siap untuk mengamankan pasokan listrik selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Kami berupaya seminimal mungkin melakukan pemadaman selama Ramadhan. Pemeliharaan kehandalan listrik untuk Riau sudah dilakukan sejak awal. Jadi memang tidak ada lagi pemeliharaan selama Ramadan," terangnya.

Saat ini, lanjut Irwansyah, kapasitas terpasang pembangkit yang ada di Riau sebesar 699 Megawatt (MW). Namun, karena ada pembangkit yang sudah berusia lanjut, daya mampu maksimal yang bisa dihasilkan hanya sekitar 480 MW.

"Beban puncak Riau 586 MW. Nah, itu kekurangannya. Tapi ada cadangan sekitar 300 MW dari selatan dan barat. Intinya kita akan berupaya maksimal mengamankan pasokan listrik selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri," paparnya.

Jaga Pasokan Listrik ke Palu, PLN Amankan Tower Emergency Pasca Musibah Longsor

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Aurora Denata