logo


Kisah Anggota CISC Berikan Kebahagiaan untuk Pasien Kanker

Kanker itu harus dilawan dengan semangat dan gembira. Kalau gembira kan imunnya naik ya

12 Mei 2017 22:17 WIB

Cancer Information & Support Center (CISC) di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (12/5)
Cancer Information & Support Center (CISC) di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (12/5) Jitunews/Ferro Maulana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Meskipun pernah terkena kanker kolon (kanker usus besar) pada bulan Juli 2015 dan kanker serviks pada bulan Mei 2016, semangat anggota Cancer Information & Support Center (CISC), Ellymawati, untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam membantu pasien kanker patut mendapatkan penghargaan.

Elly mengatakan, pasien kanker yang ikut komunitas CISC akan memperoleh banyak teman sekaligus kegiatan positif yang dapat membantu diri pasien untuk bertahan hidup.

"Ini akan memberikan semangat bagi kita. Berbagi dan memberikan support. Semangat hidup, kita bisa lebih bertahan dan hidup lebih berguna. Coba jalani hidup yang lebih sehat. Nantinya kita terhindar dari penyakit itu," kata Ellymawati kepada Jitunews.com di Universitas Indonesia, Depok, Jumat (12/5).


KKP dan YKI Ingatkan Kesadaran Nelayan Akan Bahaya Kanker

Menurut Elly, seluruh aktivitas di CISC sangat bermanfaat bagi pasien kanker. Dari kegiatan seni hingga berolah raga. Boleh dikatakan, CISC sebagai keluarga atau pendamping pasien kanker dalam melawan penyakit.

"Ada pasien yang butuh support, kita berikan. Menari kan olah raga, agar badan kita menjadi lebih sehat. Selain itu, kunjungan ke rumah sakit seperti RSCM dan Dharmais baru-baru ini. Pasien sakit kanker setiap hari kan harus kontrol," ungkapnya.

Jumlah anggota CISC saat ini sekitar 3.000 member yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. "Ada cabang di Manado, Balikpapan, Padang, Semarang dan Jogja. Besok launching di Medan. Mereka satu kesatuan dalam CSIC. Kalau jadi anggota boleh datang dan pergi, namanya juga komunitas. Di sini nggak ada iuran," terangnya.

Berkat dukungan tim CISC, mayoritas pasien kanker semakin termotivasi untuk sembuh.

"Terkadang mereka down kita bangkitin. Kanker itu harus dilawan dengan semangat dan gembira. Kalau gembira kan imunnya naik ya. Tingkat kesembuhannya lebih besar," tandasnya.

Enak tapi Berbahaya, Konsumsi Coklat Panas Beresiko Terkena Kanker dan Sakit Ginjal

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Aurora Denata