logo


PLN Bangun Pembangkit Berkapasitas 1.413 MW di Kalsel dan Kalteng

PT PLN menyiapkan lebih dari 1.000 Megawatt (MW) pasokan listrik untuk memasok industri, bisnis dan rumah tangga di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah

11 Mei 2017 17:15 WIB

Ilustrasi, petugas memeriksa jaringan listrik.
Ilustrasi, petugas memeriksa jaringan listrik. dok. PLN

KALIMANTAN, JITUNEWS.COM - PT PLN (Persero) menyiapkan lebih dari 1.000 Megawatt (MW) pasokan listrik untuk memasok industri, bisnis dan rumah tangga di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Hal ini disampaikan oleh Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN, Djoko R. Abumanan.

Menurutnya, pembangunan pembangkit ini merupakan fokus utama PLN sebagai bentuk peningkatan kualitas layanan kelistrikan.

“Gencarnya pertumbuhan pelanggan di PLN Wilayah Kalselteng membuat kami harus terus berbenah mengikuti arus pertumbuhan tersebut guna memenuhi ekspektasi pelanggan akan kebutuhan listrik,” ujarnya Kamis (11/5).


Pemerintah Ingin Kapasitas Listrik di Papua Meningkat Dua Kali Lipat

Hingga 2019, PLN akan membangun 1.413 MW pembangkit di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, serta jaringan transmisi 150 kV sepanjang 2.606 kms guna mencapai target rasio elektrifikasi 92 persen pada 2019 kedua provinsi tersebut.

Disisi lain, Djoko menambahkan bahwa pembangunan program 35.000 MW yang saat ini tengah dikerjakan PLN juga memberikan angin segar bagi perekonomian di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Dengan demikian PLN memiliki kemampuan lebih untuk melayani permintaan pasokan listrik, baik dari masyarakat maupun industri di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah,” terangnya.

Sebagai informasi, Daya mampu Sistem Barito saat ini mencapai 632 MW, dengan surplus daya sebesar 100 MW setelah beroperasinya Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pulang Pisau 2 x 60 Megawatt (MW) di Kabupaten Pulang Pisau dan Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai 155 MW di Desa Karendan, Kabupaten Barito Utara.

Naufal Raziq Terus Kembangkan Temuan Pohon Energi Listrik

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Aurora Denata