logo


Beberapa Pihak Tolak Pembubaran HTI, Wiranto Santai Saja

Menurutnya, pemerintah telah memiliki bukti yang kuat dan cukup untuk membubarkan ormas tersebut.

11 Mei 2017 11:47 WIB

Menko Polhukam Wiranto.
Menko Polhukam Wiranto. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, tidak ambil pusing terkait banyaknya kritik terhadap pemerintah yang dinilai buru-buru membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tanpa memberikan surat peringatan terlebih dahulu. 

Selain itu, pihak HTI sendiri telah menyatakan keberatannya atas keputusan pemerintah tersebut. Dengan tegas HTI menolak pembubaran ormasnya tersebut lantaran tidak merasa melanggar aturan-aturan yang berlaku selama melakukan kegiatannya. 

"Penolakan bisa saja, itu biasa, karena merupakan upaya hukum dari yang bersangkutan. Tidak apa-apa," kata Wiranto, di kantornya, Rabu (10/5/2017).


Muhammad Syafi'i: Pembubaran HTI Langkah Awal untuk Membubarkan FPI

Wiranto tidak khawatir dengan sejumlah protes yang dilayangkan pihak-pihak yang kontra terhadap pembubaran HTI. Menurutnya, pemerintah telah memiliki bukti yang kuat dan cukup untuk membubarkan ormas tersebut.

"Bukti itu sudah cukup, ya kegiatan-kegiatan yang dilakukan itu, sudah cukup bagi pemerintah untuk mengambil langkah hukum demi melindungi negara kita sendiri," kata Wiranto. 

Wiranto kemudian juga mengimbau masyarakat untuk tidak cemas dan resah menghadapi persoalan ini. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah risau dan terpancing hal-hal yang nantinya hanya dapat memperkeruh suasana.

HTI adalah Gerakan Politik, bukan Gerakan Dakwah Keagaamaan

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari