logo


Pengamat Sebut Kondisi Tanah Berpengaruh terhadap Produksi Pangan

Faktor kesuburan tanah sangat menentukan dalam peningkatkan produktivitas hasil pangan.

10 Mei 2017 16:37 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi sistemaagricola.com.mx

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat ekonomi pertanian, Andi Sinulingga, mengatakan bahwa di tengah banyaknya tantangan di sektor pangan, pemerintah perlu memaksimalkan pemanfaatan teknologi dan inovasi di sektor pertanian.

"Saat ini pemanfaatan teknologi dan pengembangan inovasi harus ditingkatkan di sektor pertanian, terutama untuk mengatasi masalah tingginya pengaruh hama penyakit tanaman dan juga masalah kadar tanah yang sudah semakin jenuh," demikian kata Andi Sinulingga saat di hubungi Jitunews.com, Rabu (10/5/2017).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa masalah jenuhnya tanah di sektor pertanian bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, faktor kesuburan tanah sangat menentukan dalam peningkatkan produktivitas hasil pangan.


Panglima TNI Minta Petani untuk Jaga Lahan Pertanian

"Kalau tanah sudah jenuh, maka hasil pangan tidak akan meningkat," katanya lagi.

Menurutnya, langkah pemupukan kimia yang terus berulang berdampak pada kondisi tanah.

Selain itu, masalah lain yang tidak kalah peliknya adalah pada hama tanaman pangan. "Di beberapa tempat banyak tanaman petani yang mengalami gagal panen karena di serang hama penyakit tertentu. Maka langkah pengendalian hama tanaman harus terus dilakukan," ujarnya.

Untuk mengatasi masalah kesuburan tanah yang terus menurun dan serangan hama penyakit yang terus meningkat, Andi mengatakan langkah pengembangan inovasi dan pemerapan teknologi harus dilakukan.

"Untuk mengimbangi masalah tersebut maka penerapan teknologi dan penerapan inovasi menjadi salah satu solusi guna mengangkat kembali produktivitas hasil pangan. Pengembangan inovasi harus di tingkatkan," tukasnya.

BPS Sebut Sektor Pertanian Jadi Penyerap Tenaga Kerja Terbesar Sejak Awal Tahun 2017

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari