logo


Mentan Sebut Kenaikan Harga Bawang Putih Tidak Wajar

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan bahwa gejolak harga bawang putih yang terjadi saat ini diluar kewajaran

10 Mei 2017 15:30 WIB

Bawang putih.
Bawang putih. Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan bahwa gejolak harga bawang putih yang terjadi saat ini diluar kewajaran.

"Logikanya, bawang putih kan barang impor, dominasi impor. Masak bawang merah stabil, bawang putih mau bergejolak, nggak donk," demikian kata Mentan Amran Sulaiman di Jakarta, Rabu (10/5).

Lebih lanjut, Mentan mengatakan bahwa saat ini bawang putih yang beredar di pasar didominasi oleh barang impor.


Mendag Pastikan Papua Siap Hadapi Puasa dan Lebaran

"Cabai, jagung aman, beras aman. Masak yang kecil, bawang putih, impor pula, kok mau bergejolak. Nggak boleh. Kalau ada yang main-main akan ditindak," demikian kata Amran.

Seperti diketahui sebelumnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa pihaknya akan mengatur proses langkah impor bawang putih. Pasalnya selama ini langkah impor bawang putih belum ditata dengan baik.

Mendag berencana akan mengatur proses impor berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari dalam negeri.

Menurutnya selama ini mekanisme langkah impor bawang putih masih tergolong bebas dan menurutnya mekanisme impor yang bebas tersebut dinilai menjadi salah satu pemicu harga di luar kendali. Karena itu, impor bawang putih akan diatur agar pemerintah dapat mengetahui stok dan pasokan komoditi tersebut secara detail.

Cegah Serangan Hama Pada Tanaman Kakao, Ini Upaya BPTP Balitbangtan Aceh

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata