logo


Fadli Zon: HTI Adalah Ormas Legal

Pengurus DPP Hizbut Tahrir Indonesia mendatangi Gedung DPR RI, kedatangan tersebut untuk menemui Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.

10 Mei 2017 14:52 WIB

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengurus DPP Hizbut Tahrir Indonesia mendatangi Gedung DPR RI, kedatangan tersebut untuk menemui Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.

Fadli Zon menjelaskan bahwa kedatangan HTI itu adalah untuk mengadu terkait langkah pemerintah yang membubarkan salah satu organisasi masyarakat (ormas) Islam di Indonesia.

"Mereka datang mengadu, mereka keberatan soal langkah pemerintah yang berencana membubarkan HTI. Dengan alasan yang tak punya dasar kuat seperti anti Pancasila dan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat," ujarnya di Gedung DPR RI Jakarta, Rabu (10/5).


HTI Bantah Tudingan Ormasnya Anti-Pancasila

Fadli menjelaskan, dari pemaparan yang disampaikan oleh HTI terlihat bahwa organisasi mereka adalah organisasi yang mengikuti prosedur yang ada di Indonesia.

"Dari pemaparan delegasi tadi, tergambar bahwa mereka telah mengikuti prosedur yang harus diikuti oleh ormas yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1980-an," tuturnya.

Fadli menilai HTI adalah ormas yang legal, hal ini dikarenakan HTI sebelumnya sudah diakui Kemendagri sejak tahun 2002 melalui surat keterangan terdaftar (SKT) dan status Badan hukum nya juga telah diakui oleh Kemenkumham pada tahun 2014.

"Jadi HTI ini organisasi lama yang masuk Indonesia dan legal," tuturnya.

Selain itu, Fadli menjelaskan bahwa kedatangan HTI ke DPR adalah untuk meminta agar menghentikan rencana tersebut sehingga pembubaran itu tidak terjadi.

"Saya meyakini langkah pemerintah ini salah kaprah dan tidak mengikuti prosedur subtansi yang mendalam. Misal, meski ada dugaan pelanggaran yang dilakukan HTI harus melalui proses teguran," tutupnya.

Romo Syafi'i Sebut Pembubaran HTI Bentuk Kesewenang-wenangan Pemerintahan Jokowi

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Vicky Anggriawan