logo


Fadli Zon: Pembubaran HTI Dapat Timbulkan Kegaduhan Baru

HTI sendiri merupakan ormas yang telah memiliki banyak anggota di Indonesia.

10 Mei 2017 14:52 WIB

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menerima perwakilan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

"Saya sebagai wakil rakyat menerima dan meneruskan aspirasi HTI yang diwakili juru bicara Ismail Yusanto dan DPI HTI, yang keberatan HTI dibubarkan, dan meminta pemerintah meninjau ulang pembubaran tersebut," kata Fadli.

Menurut Fadli, langkah pemerintah membubarkan HTI kurang tepat lantaran tidak didasari landasan yang kuat dan juga pengkajian yang lebih mendalam.


Politikus Golkar: Keputusan Pemerintah Bubarkan HTI Sudah Tepat

"Harus diuji di pengadilan. Pemerintah tidak bisa ngawur dan sewenang-wenang membubarkan ormas," katanya lagi.

Fadli mengatakan utusan HTI yang menemuinya telah menunjukkan banyak bukti bahwa ormasnya selama ini dalam melakukan kegiatan-kegiatannya tidak pernah menyalahi aturan yang berlaku. HTI juga menunjukkan bukti-bukti hukum seperti Surat Keterangan Terdaftar (SKT) di Kesbangpol pada tahun 2002 dan kepemilikan status badan hukum di Kemenkumhan tahun 2014.

"Mereka telah mengikuti apa yang menjadi prosedur sebagai ormas yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1980-an," katanya.

HTI sendiri merupakan ormas yang telah memiliki banyak anggota di Indonesia. Dengan adanya pembubaran ini, Fadli menilai bisa saja menimbulkan kegaduhan baru di Tanah Air, yang kemudian akan berdampak pada laju ekonomi.

"Pembubaran ormas yang memiliki banyak anggota akan menimbulkan kegaduhan baru, dan itu tidak baik untuk pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Romo Syafi'i Sebut Pembubaran HTI Bentuk Kesewenang-wenangan Pemerintahan Jokowi

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari