logo


Jaga Produksi Kakao Nasional, Forum Kakao: Petani Kakao Harus Bersatu

Dari 23 kabupaten yang ada di provinsi Aceh sekitar 13 kabupaten di antaranya merupakan daerah produksi tanaman kakao.

9 Mei 2017 17:19 WIB

Ketua Forum Kakao Aceh, Teuku Zukarnaen.
Ketua Forum Kakao Aceh, Teuku Zukarnaen. Jitunews/Siprianus Jewarut

ACEH, JITUNEWS.COM - Ketua Forum Kakao Aceh, Teuku Zukarnaen, meminta kepada semua petani untuk bersatu dalam menjaga produktivitas kakao nasional.

"Untuk menjaga keberlanjutan produksi kakao nasional, masyarakat petani harus bersatu, jangan berjalan sendiri-sendiri," demikian kata Teuku Zukarnaen, Selasa (9/5).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa langkah bersama meningkatkan produksi kakao menjadi sangat penting guna saling membagi informasi dan pengalaman terkait upaya penanggulangan sejumlah masalah di sektor tanaman kakao.


Balittri Kementan Sukses Lakukan Inovasi Baru Produk Olahan Kakao

"Untuk bisa menjaga keberlanjutan dan peningkatan produksi tanaman kakao perlu ada sebuah forum bersama petani kakao. Di sini penting untuk saling berbagi pengalaman dan informasi mengatasi sejumlah penyakit tanaman kakao, bagaimana merawat dan juga harga jual kakao," demikian katanya.

Menurutnya, dengan saling berbagi info dan pengalaman di antara para petani kakao maka target peningkatan produksi kakao nasional bisa segera terwujud.

Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini banyak persoalan yang terkait dengan tanaman kakao. Hal tersebut membuat masyarakat petani kakao beralih profesi dengan menanam tanaman lain pengganti kakao di kebunnya.

"Karena banyaknya masalah dan kurangnya produksi, maka petani mengganti tanaman kakao di kebunnya dengan tanaman perkebunan lainnya,"ujarnya.

Ia memaparkan bahwa masalah yang selama ini dihadapi oleh para petani di lapangan adalah busuk buah, terserang hama PBK, dan harga yang selalu tidak menentu di pasar.

"Ini adalah masalah-masalah di tingkat petani yang selalu terulang dari tahun ke tahun dan belum ada solusi yang permanen,"katanya.

Ia berharap dengan adanya forum bersama tersebut semua masalah di sektor perkebunan kakao bisa segera diatasi.

Ia mengatakan bahwa dari 23 kabupaten yang ada di Provinsi Aceh sekitar 13 kabupaten di antaranya merupakan daerah produksi tanaman kakao.

Di Indonesia sendiri penyebaran tanaman kakao berada di pulau Sumatera secara umum dan juga pulau Sulawesi.

Petani Enggan Tanam Kakao, Harga Komoditas Ini Turun Drastis

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Syukron Fadillah