logo


Penunjukan Djarot Sebagai Plt Gubernur DKI Tunggu Salinan Putusan

"Mendagri akan menugaskan wakil gubernur sebagai pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta sampai habis masa bakti," ucap Mendagri.

9 Mei 2017 13:22 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyapa warga yang datang ke Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (27/4/2017)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyapa warga yang datang ke Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (27/4/2017) Jitunews/Rezaldy

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Dalam Negeri langsung mempersiapkan proses penunjukan pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dipersiapkan untuk menuntaskan tugas Pemprov DKI Jakarta rezim Basuki Tjahaja Purnama hingga Oktober 2017.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, akan segera berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Jakarta Utara guna meminta salinan putusan. Seperti diketahui, majelis hakim telah memvonis Ahok dengan hukuman dua tahun penjara.

Hakim Beberkan Alasan Vonis Ahok Lebih Berat Karena...


Vonis Ahok Lebih Tinggi dari Tuntutan, Ketua JPU: Itu Masih dalam Koridor Surat Dakwaan

Menteri Tjahja melanjutkan, setelah menerima salinan putusan tersebut Kemendagri bakal melanjutkannya ke presiden untuk mengeluarkan surat keputusan mengangkat Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat sebagai Plt Gubernur DKI dan memberhentikan Ahok sebagai Gubernur DKI.

Massa Pro-Ahok Menangis, Kontra-Ahok Serukan Takbir

Romo Syafi'i : Vonis Dua Tahun Penjara Ahok Menyalahi Yurisprudensi

"Mendagri akan menugaskan wakil gubernur sebagai pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta sampai habis masa bakti pasangan Pak Ahok dan Pak Djarot untuk diserahterimakan kepada gubernur definitif nantinya," demikian ucap Tjahjo di Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/5).

Mulai Hari Ini Ahok Bermalam di LP Cipinang

Sementara itu, pihak Ahok sendiri telah memutuskan pengajuan banding dari vonis hukuman dua tahun penjara. Saat ini, mantan bupati Belitung Timur itu telah berada di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang guna menjalani penahanan.

Romo Syafi'i : Vonis Dua Tahun Penjara Ahok Menyalahi Yurisprudensi

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah