logo


Vonis Ahok Lebih Tinggi dari Tuntutan, Ketua JPU: Itu Masih dalam Koridor Surat Dakwaan

Masih berstatus sebagai tahanan, Ali menyebutkan Ahok berada di Rutan Cipinang.

9 Mei 2017 12:49 WIB

Ali Mukartono.
Ali Mukartono. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus penistaan agama dengan terpidana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ali Mukartono mengatakan Ahok berada di Rutan Cipinang untuk melakukan proses administrasi.

Majelis hakim telah memutuskan vonis dua tahun penjara terhadap Ahok di lokasi persidangan di Auditorium Kementrian Pertanian, Jakarta, Senin (9/5/2017).

BREAKING NEWS: Ahok Divonis Bersalah, Hakim Jatuhkan Hukuman 2 Tahun Penjara


Mulai Hari Ini Ahok Bermalam di LP Cipinang

"Langsung dilaksanakan, tidak ada tawar menawar, karena penetapan itu sifatnya segera. Masih tahanan, karena belum eksekusi, jadi bukan narapidana," kata Ali kepada wartawan, Senin (9/5).

Massa Pro-Ahok Menangis, Kontra-Ahok Serukan Takbir

Disinggung terkait vonis hakim yang lebih tinggi dari tuntunan JPU, Ali mengatakan sah saja lantaran masing-masing memiliki sudut pandang yang berbeda dengan otoritasnya masing-masing, termasuk pemilihan pasal yang digunakan untuk menjerat terdakwa. Menurutnya, semua masih berada dalam koridornya.

Hakim Beberkan Alasan Vonis Ahok Lebih Berat Karena...

"Ini bukan soal positif atau negatif, tapi adanya perbedaan pendapat sesuai otoritasnya masing-masing. Itu kan masih dalam koridor surat dakwaan," katanya lagi.

Mulai Hari Ini Ahok Bermalam di LP Cipinang

Masih berstatus sebagai tahanan, Ali menyebutkan Ahok berada di Rutan Cipinang. "Cipinang itu ada dua, ada rutan, ada lapas, nah ini yang di rutan," kata Ali lagi.

Tak Puas Vonis Hakim, Ahok Ajukan Banding

Ditanya soal adanya kemungkinan tekanan dalam pemberian vonis, seperti yang diungkapkan pihak kuasa hukum Ahok, Ali mengatakan jaksa telah bekerja sesuai tugas dan porsinya dengan tepat.

Romo Syafi'i : Vonis Dua Tahun Penjara Ahok Menyalahi Yurisprudensi

"Jaksa profesional saja, apa yang diungkapkan di persidangan," pungkasnya.

Hakim Beberkan Alasan Vonis Ahok Lebih Berat Karena...

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari