logo


Polisi dan Bea Cukai Singkap Penyelundupan Sabu Tiongkok

Tersangka menggunakan modus operandi menyembunyikan sabu di dalam Buffer Damper berbahan besi setebal 2,5 Cm.

8 Mei 2017 18:41 WIB

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kedua kanan) didampingi Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto (kanan) dan Dirjen Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi menunjukkan barang bukti sabu dalam rilis kasus narkotika jaringan Cina di Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur, Senin (8/5/2017).
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kedua kanan) didampingi Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto (kanan) dan Dirjen Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi menunjukkan barang bukti sabu dalam rilis kasus narkotika jaringan Cina di Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur, Senin (8/5/2017). dok. Humas Bea Cukai

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pihak Polri dan Bea Cukai berhasil menyingkap penyelundupan sabu asal Tiongkok ke Indonesia. Puluhan kilogram sabu tersebut juga telah disita polisi. Kasus itu terkuak ke ruang publik pada Kamis (4/5/2017).

"Jumlahnya 84 kilogram, ini dari Tiongkok. Pengungkapan kasus ini indikasi ancaman narkoba terutama jenis sabu dari Tiongkok ke Indonesia masih masif, meski kita sudah melakukan penindakan," kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Jakarta, Senin (8/5/2017).

Tito menjelaskan, berdasarkan hasil pendalaman kasus, tersangka menggunakan modus operandi menyembunyikan sabu di dalam Buffer Damper berbahan besi setebal 2,5 Cm. Hal itu, kata Tito, bertujuan untuk menghindari deteksi yang narkoba oleh anjing pelacak polisi.


Habib Rizieq Ajak Umat Agar Selamatkan TNI dan Polri dari Cengkeraman Para Pemodal

Menurut Tito, empat belas unit Buffer Damper yang dipakai disimpan di dalam peti kayu dan dikirim dari Tiongkok ke Indonesia menggunakan kontainer melalui jalur laut.

Sebagaimana diketahui, polisi dan bea cukai telah menangkap TN alias AC di Kompleks Ruko Arcadia Blok H5 Nomor 28 Jalan Daan Mogot Batuceper, Tangerang. Menurut keterangan polisi, TN berperan sebagai penerima paket kiriman dari Tiongkok.

Tak sampai di situ, polisi pun terus mengejar berbagai pihak yang terkait dengan TN. Hasilnya, pihak polri dan beacukai berhasil menangkap satu tersangka lagi, AM alias AG alias JK.

AM ditangkap pada Minggu (7/5/2017) di Perumahan Taman Holis Indah 1 Blok C5 Nomor 1 Bandung, Jawa Barat.

Tito Karnavian Pimpin Upacara Pemakaman Mantan Kapolri Widodo

Halaman: 
Penulis : Marselinus Gunas
 
×
×