logo


Wujudkan Kedaulatan Pangan, Perlu Ada Penguatan Program Pertanian

Program yang dicanangkan oleh Kementan sudah on the track tinggal bagaimana langkah penguatan-penguatan program yang ada

8 Mei 2017 10:12 WIB

Bustanul Arifin menjadi pembicara dalam acara Lokakarya Nasional dalam PENAS Petani Nelayan XV dilaksanakan di Aula Kejaksaan Tinggi Aceh, Minggu (7/5).
Bustanul Arifin menjadi pembicara dalam acara Lokakarya Nasional dalam PENAS Petani Nelayan XV dilaksanakan di Aula Kejaksaan Tinggi Aceh, Minggu (7/5). Dok. Humas Kementan

ACEH, JITUNEWS.COM - Pengamat Ekonomi Pertanian, Bustanul Arifin, mengatakan bahwa hingga saat ini setiap program yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mewujudkan kedaulatan pangan sudah dalam jalur yang benar, namun menurutnya langkah penguatan program harus terus dilakukan.

"Program yang dicanangkan oleh Kementan sudah on the track tinggal bagaimana langkah penguatan-penguatan program yang ada," kata Pengamat Ekonomi Pertanian, Bustanul Arifin, saat hadir sebagai pembicara pada acara Lokakarya Nasional dalam PENAS Petani Nelayan XV yang dilaksanakan di Aula Kejaksaan Tinggi Aceh, Minggu (7/5).

Lebih lanjut dalam pemaparanya, Bustanul menegaskan bahwa untuk bisa menjaga ketersediaan pangan berkelanjutan perlu ada langkah yang konsisten dari pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di sektor pertanian.


Kementan Apresiasi Kinerja TNI dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan

"Pembangunan infrastruktur seperti waduk, embung, dan irigasi menjadi sangat penting dilakukan guna menjaga ketersediaan pasokan air dan keberlangsungan produksi di sektor pertanian," demikian katanya.

"Peningkatan kapasitas petani berupa pelatihan-pelatihan terus dilakukan dan juga reforma agraria, pencetakan sawah, serta subsidi di lapangan perlu terus dilakukan," lanjutnya.

Selain itu, menurutnya, perbaikan sistem informasi harga, informasi pasar dan teknologi baru untuk mengurangi inefisiensi rantai pasokan pangan juga harus menjadi perhatian pemerintah.

Ia juga menjelaskan langkah pembenahan sistem administrasi perdagangan dalam dan luar negeri demi perbaikan rantai pasokan pangan-pertanian secara holistik menjadi sangat penting untuk terus dilakukan.

Ia juga menyoroti pemanfaatan pangan lokal dalam mewujudkan ketahanan pangan. Pemanfaatan pangan lokal harus terus digalakkan guna mendukung suksesnya program ketahanan pangan nasional.

"Kita memiliki pangan lokal yang banyak. Itu yang harus kita manfaatkan. Tetapi untuk bisa kembali ke konsumsi pangan lokal, perlu ada kampanye besar yang dilakukan oleh pemerintah," tukasnya.

Bappenas Sebut Pembangunan Infrastruktur Tambak, Telah Masuk dalam Program Kedaulatan Pangan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Vicky Anggriawan