logo


Terkait Satgas Menjaga Harga Pangan Ini Kata Pedagang

Kendati pemerintah membentuk Satgas guna menjaga kestabilan harga kalau pasokan pangan tidak dijaga, maka fluktuasi harga pangan tetap akan terjadi

7 Mei 2017 11:43 WIB

Pedagang pasarI
Pedagang pasarI Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Anto (31) salah satu pedagang cabe rawit di Pasar Serdang Kemayoran mengatakan bahwa pihaknya tidak merasa takut dengan pembentukan Satgas guna menjaga harga pangan yang dilakukan oleh pemerintah. Menurutnya perubahan harga selalu terjadi secara alami bukan semata-mata permainan pedagang di pasar.

“Kita tidak takut ko mas dengan adanya Satgas, karena naik atau tidaknya harga pangan di pasar bukan karena pedagang tetapi karena hukum alamnya begitu, kalau pasokan ngga stabil pasti dengan sendirinya harga merangkak naik,” demikian kata Anto saat ditemui Jitunews.com, di Pasar Serdang Kemayoran Jakarta, Minggu (7/5).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa sebenarnya yang perlu difokuskan oleh pemerintah adalah pada soal ketersediaan pasokan pangan.


INDEF Apresiasi Pembentukan Satgas Stabilisasi Harga Pangan

“Bukan malah membuat Satgas mengatur harga di pasar,” demikian katanya.

Menurutnya kendati pemerintah membentuk Satgas guna menjaga kestabilan harga kalau pasokan pangan tidak dijaga, maka fluktuasi harga pangan tetap akan terjadi.

“Kuncinya pada ketersediaan pasokan, pedagang tidak akan berani melakukan spekulasi dengan menaikan harga kalau ketersediaan pangannya cukup. Kalau ada yang paksa untuk menaikan harga sementara pasokannya cukup maka Ia pasti akan rugi, karena pembeli pasti mencari harga yang lebih murah. Tetapi kalau pasokannya kurang maka harga pasti dengan sendirinya akan naik,” demikian tukasnya.

Presiden Pastikan Pembangunan Infrastruktur Pertanian Berkelanjutan

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata