logo


Kasus Narapidana Kabur Terus Berulang, Ini Kata Wiranto

Wiranto berjanji akan menata ulang setiap lapas yang ada sehingga kejadian yang sama tidak terulang kembali

7 Mei 2017 11:21 WIB

Menko Polhukam, Wiranto.
Menko Polhukam, Wiranto. setkab.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Menko Polhukam Wiranto mengatakan bahwa terus berulangnya kasus nara pidana yang kabur dari tahanan merupakan dampak dari jumlah nara pidana yang cukup banyak sehingga menjadi over kapasitas, sementara di sisi lain jumlah ruangan dan sipir yang tersedia tidak mencukupi.

Wiranto berjanji akan menata ulang setiap lapas yang ada sehingga kejadian yang sama tidak terulang kembali.

“Kita akan lakukan langkah evaluasi ke dalam, mengatur kembali setiap napi yang ada di sebuah lapas agar tidak terjadi over kapasitas,” demikian kata Wiranto di Jakarta, Sabtu (6/5).


Tanggapi Kerusuhan LP, Bambang: Kemenhumkam Hanya Mengeluh Terus Tanpa Solusi

Menurutnya faktor utama yang mengakibatkan peristiwa narapidana kabur dari penjara adalah karena ruang penjara yang sudah over kapasitas.

“Maka kita akan mengatur sedemikian rupa agar masalah ini tidak terus berulang,” demikian katanya.

Seperti diketahui beberapa waktu yang lalu, Jumat (5/5), tersiar kabar bahwa sekitar 260 narapidana di Rutan Pekanbaru Riau kabur dari penjara. Pasalnya semua nara pidana yang kabur tersebut bersembunyi di rumah-rumah warga yang letaknya tidak terlalu jauh dari Rutan.

Hingga saat ini sekitar 161 nara pidana sudah kembali di tangkap dan kembali di masukkan ke dalam penjara, sementara yang lainnya masih dalam proses pengejaran pihak kepolisian.

Dekati Masa Vonis Ahok, Wiranto Lontarkan Pernyataan Berikut

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata