logo


Tanggapi Kerusuhan LP, Bambang: Kemenhumkam Hanya Mengeluh Terus Tanpa Solusi

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengeluhkan kinerja Kementerian Hukum dan HAM yang tidak memberi solusi atas permasalahan yang terjadi

6 Mei 2017 16:00 WIB

Suasana di Rutan Sialang Bungkuk usai sejumlah napi kabur.
Suasana di Rutan Sialang Bungkuk usai sejumlah napi kabur. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kinerja Kementerian Hukum dan HAM dinilai sangat buruk dalam mengelola lembaga pemasyarakatan (LP). Sepanjang tahu ini, sudah terjadi beberapa peristiwa kerusuhan.

Sejak Januari 2017 sudah terjadi kerusuhan di LP dan puncaknya pada kasus kaburnya sejumlah tahanan dari LP Sialang, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5). Sebelumnya, pada hari Kamis (4/5) LP Bentiring di Bengkulu juga dilanda kerusuhan, ada ratusan narapidana terlibat bentrok fisik di dalam blok. 

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengeluhkan kinerja Kementerian Hukum dan HAM yang tidak memberi solusi atas permasalahan yang terjadi. 


Geger! Ratusan Napi Lapas Pekanbaru Kabur. Ada yang Panjat Loteng Rumah Warga

"Komisi III DPR dan masyarakat pada umumnya tentu saja prihatin. Soalnya, setiap kali terjadi kerusuhan di LP, Kementerian Hukum dan HAM hanya bisa mengeluh dan mengeluh, nyaris tidak pernah menawarkan atau memberi solusi," ujar Bambang Soesatyo, Sabtu (6/5).

Kemenkumham mengeluhkan kelebihannya penghuni LP yang membuat seringnya muncul kerusuhan. Menurut Bambang faktor tersebut sudah menjadi isu lama. Bambang menilai perilaku dari Kemenkumham tidak etis karena terus menerus mengeluh tanpa ada program pembenahan. 

"Kemenkumham tidak bekerja maksimal membenahi LP, karena kerusuhan di dalam LP terus saja terjadi," ujar Bambang. 

Video Tahanan Kabur dari Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata