logo


Masih Muda Udah Ubanan, ini Penyebabnya!

Ada beberapa alasan kenapa uban bisa tumbuh saat masih berusia terbilang muda

2 Mei 2017 15:05 WIB

Muncul Uban di Usia Muda
Muncul Uban di Usia Muda Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Uban atau rambut berwarna putih biasanya muncul pada orang yang lanjut usia. Tapi ada juga kaum muda yang mendapati uban tumbuh di kepalanya. Mungkin terlihat tidak wajar karena uban tumbuh di usia yang masih terbilang cukup muda. Tapi, Anda tidak perlu panik, karena ada beberapa alasan kenapa uban bisa tumbuh saat masih berusia terbilang muda. 

1. Genetik

Tumbuhnya uban bisa disebabkan faktor keturunan. Apabila orangtua Anda pernah bermasalah dengan uban pada saat muda, kemungkinan besar hal tersebut akan menurun pada anakanya. Ternyata, pertumbuhan rambut putih sudah tersimpan dalam kromosom.


Tips Mencegah Uban di Usia Muda

2. Nutrisi

Rambut putih bisa tumbuh dengan cepat karena gizi buruk atau kekurangan vitamin B12, dan juga karena kekurangan protein.  Selain itu, uban bisa cepat tumbuh karena sedang mengalami gangguan kesehatan seperti anemia, tiroid, dan kelenjar pituitari. 

3. Merokok

Pernah dilakukan penelitian yang menghasilkan bahwa perokok berpotensi dua setengah kali lebih cepat mengalami pertumbuhan rambut uban. 

4. Stres

Stres bisa memicu munculnya uban lebih cepat. Hal ini dikarenakan pada saat stres, produksi melamin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut bisa terhambat. 

Jika ingin mencegah munculnya uban di usia muda, Anda harus rutin merawat rambut dan juga melindungi dari paparan sinar matahari dan polusi yang bisa merusak rambut. Selain itu perbanyak istirahat agar terhindar dari stres. 

Cara Mudah Mengembalikan Rambut Beruban Jadi Hitam Kembali

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata