logo


Pakai Dana Donasi Buat Beli Fortuner dan iPhone 7, Akun @cakbudi_ Dibully Warganet

Kabar tak sedap itu pertama kali terungkap dari postingan akun @thenewbikingregetan

2 Mei 2017 06:30 WIB

IG Cak Budi
IG Cak Budi Instagram @cakbudi_

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Akun Instagram @cakbudi_ tiba-tiba menjadi menjadi bulan-bulanan warganet sedari Senin (1/5) sore kemarin. Usut punya usut, akun yang kerap menggalang dana bantuan sosial itu diduga menggunakan uang donasi untuk kepentingan pribadi, seperti membeli mobil Fortuner dan iPhone 7.

Kabar tak sedap itu pertama kali terungkap dari postingan akun @thenewbikingregetan. Akun ini menyebut Cak Budi sering mentransfer dana dari rekening @kitabisacom ke rekening pribadinya. Tak hanya itu, bahkan akun @thenewbikingregetan pun sempat mengungkap kelakuan buruk Cak Budi.

"Bukti nyata sebelum pindah menggunakan @kitabisacom (Dana sering di transfer ke rekening Pribadi!)," demikian isi salah satu cuitan akun @thenewbikingregetan.


Setelah Uus dan Ernest, Kini Inul Daratista Dibully Netizen, Karena Ini..

Terkait hal itu, Cak Budi pun mengklarifikasinya melalui akun Instagramnya, Senin (1/5). Ia juga menjelaskan mengenai pembelian mobil Fortuner dan handphone iPhone 7 menggunakan uang Rp 1,2 miliar tersebut. Menurutnya, itu hanya untuk keperluan operasional.

Pada dasarnya, kata dia, uang Rp 1,2 miliar yang belum disalurkan itu akan digunakan membangun rumah singgah lansia yang belum punya tempat tinggal.

Berikut klarifikasi Cak Budi selengkapnya:

Assalamualaikum, selamat pagi semua.

Perkenankan Cak Budi untuk melanjutkan klarifikasi terkait transparansi penggalangan dana yang saya lakukan:

1. Cak Budi awalnya memang melakukan pengumpulan donasi ke rekening pribadi dan hanya melakukan pelaporan secara informal melalui instagram.

2. Untuk itu Cak Budi membuat juga halaman donasi di @kitabisacom (kitabisa.com/cakbudi) agar publik bisa melihat secara transparan donasi yg terkumpul dan laporan penyaluran yang juga terkirim ke email donatur.

3. Sebagai pihak ketiga dan penyedia sarana menggalang dana onilne, Kitabisa mengenakan biaya admin sebesar 5% dari total dana yang terkumpul untuk penggunaan platform mereka.

4. Terkait donasi terkumpul, Cak Budi menginformasikan bahwa ada donasi terkumpul senilai 1,2 milyar (560 juta donasi ke rekening pribadi, terlampir + 700 juta donasi ke halaman Kitabisa) YANG BELUM KAMI SALURKAN, sekali lagi belum disalurkan, bukan disalahgunakan.

5. Cak Budi berencana menggunakan dana untuk membuat rumah singgah untuk mbah-mbah yang tidak punya rumah. Lebih lengkapnya akan saya klarifikasi di post terpisah.

6. Cak Budi memutuskan untuk sementara menutup penerimaan donasi di Kitabisa dan menghimbau masayarakat untuk tidak donasi ke rekening pribadi saya agar kami bisa fokus menyalurkan dana yang belum digunakan tersebut. Setiap penyaluran akan selalu didokumentasikan di kitabisa.com/cakbudi dan ada google sheet yang menampilkan rincian pemasukan dan pengeluaran.

7. Hari Selasa besok (2/5) Cak Budi akan memposting rekening koran untuk transparansi lengkap penggunaan dana dari kegiatan Cak Budi.

8. Terkait hp, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk tukar tambah hp lama dengan iPhone 7 yang Cak Budi gunakan untuk mengambil foto & video dari para penerima hak dan lokasi yang dikunjungi (bukti terlampir).

9. Terkait mobil, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk membeli mobil jenis Fortuner. Mobil ini dibutuhkan untuk menempuh jarak jauh dan menjangkau area2 pedalaman dan tidak Cak Budi gunakan untuk urusan pribadi. Saya dan istri memiliki mobil jenis Innova yang kami miliki sejak tahun 2004 untuk urusan pribadi.

10. Terkait hubungan dengan @lambe_turah, Cak Budi konfirmasi tidak pernah membayar akun tersebut, dan hubungan yang kami lakukan hanya sebatas WA untuk sharing foto penerima hak.

Diatas itu semua, Cak Budi ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan dan InshaAllah, Cak Budi akan ikhtiar untuk menjaga amanah donatur.

Cak Budi juga mohon maaf apabila kelambatan kami dalam memberi klarifikasi menyebabkan ketidaknyamanan dari berbagai pihak.

Semoga klarifikasi ini meluruskan banyak hal dan tidak menghentikan semangat teman-teman semua untuk berbuat dan berbagi kebaikan.

Wassalam

Sontak, postingan Cak Budi tersebut jadi sasaran bully warganet yang kecewa. Berikut beberapa komentar warganet terkait klarifikasi Cak Budi tersebut.

ayundave_: Sang Koruptor Yang Mengatas Namakan Agama Hahahaa Sehat Cak????!! Mampuss loo org2 uda pada gk respect???? Seharusnya dari awal ngomong apa aja yg brg2 di beli.. kalau gk ada yg usut ini mgkin cak gk bakalan klarifikasi yaa... warbiasaaa anda.

nandasheyou: Ih padahal artis2 aja banyak yg kagum lho cak sma lo.. Banyak yg jadiin lo inspirasi juga. Tp duit emang mengalahkan segalanya yess.. Awas ahh takut ada yg polisiin lg.

cherry_ocha: Harga mobil fortuner 400jtaan & iphone 7+ berapa org miskin tuh bantu pake itu........duitt....duitt.....bisa merubah org baik jadi jahat begitu sebaliknya.

lastri_novriana: Karna nila setitik rusak susu sebelanga, karna maruk sedikit rusak, semua kepercayaan donatur

Dari pantauan Jitunews.com, hingga berita ini diturunkan, postingan klarifikasi Cak Budi itu telah disukai 4.500 orang dan dikomentari 3.427 orang.

'Paranormal Ahoker' Ini Mengaku Siap Dibully

Halaman: 
Penulis : Riana