logo


Peringatan Hardiknas 2 Mei, Mendikbud: Reformasi Pendidikan Nasional

Peserta didik diharapkan mampu membekali diri dengan keterampilan dan daya saing tinggi yang dibutuhkan pada abad ke-21 sekarang ini.

1 Mei 2017 20:51 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menyambut Hari Pendidikan Nasional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengatakan pihaknya akan melakukan sejumlah upaya reformasi pendidikan guna mewujudkan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membentuk karakter peserta didik masa kini yang kuat dan berdaya saing tinggi.

"Demi mewujudkan visi presiden tersebut, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional, baik dalam tatanan konseptual maupun manajerial," kata Muhadjir dalam pidato resminya, Senin (1/5/2017).

Muhadjir juga mengatakan bahwa pendidikan karakter harus menjadi fondasi utama dalam pendidikan dasar (basic education). Sementara itu, untuk jenjang pendidikan lanjutan, peserta didik diharapkan mampu melakukan aktualisasi diri dan mengembangkan kemampuannya sebagai persiapan untuk menjadi generasi penerus bangsa.


Lagi, Ini Jawaban Anies Ketika Ditanya Kenapa Dicopot Sebagai Mendikbud

Peserta didik diharapkan mampu membekali diri dengan keterampilan dan daya saing tinggi yang dibutuhkan pada abad ke-21 sekarang ini.

"Hanya dengan karakter yang kuat dan daya saing yang tinggi lah, peserta didik masa kini dapat membawa Indonesia berdiri bersama bangsa-bangsa maju yang lain di masa yang akan datang," kata Muhadjir lagi.

Guna mendukung dan mewujudkan keinginan tersebut, lanjut Muhadjir, kini telah dan sedang dilaksanakan proses dan sejumlah upaya reformasi pembenahan dan pembauran, baik pada pemanfaatan sumber-sumber belajar, waktu belajar, pengorganisasian pelajaran, serta tugas dan peran guru. 

Kemdikbud Tunjukkan Cara Bijak Gunakan Medsos kepada Pelajar

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari