logo


Kerusakan Otak Bagi Penderita Obesitas Pengidap Diabetes

Peneliti mempelajari sampel sekitar 50 orang dengan kelebihan berat badan dan 50 orang dengan berat badan normal pada tahap awal diabetes tipe 2.

1 Mei 2017 18:39 WIB

Obesitas
Obesitas net

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Studi terbaru menyatakan bahwa diabetes berakibat buruk bagi otak manusia, terutama jika Anda memiliki kelebihan berat badan (obesitas).

Peneliti mempelajari sampel sekitar 50 orang dengan kelebihan berat badan dan 50 orang dengan berat badan normal pada tahap awal diabetes tipe 2.

Semua subjek yang diteliti telah diberi diagnosis oleh dokter selama lima tahun sebelumnya. Lalu, peneliti membandingkan kedua kelompok tersebut antara subjek yang mengontrol berat badannya dengan penderita obesitas pengidap diabetes.


Wah, Letak Jerawat Ada Kaitannya dengan Kesehatan Organ Tubuh Tertentu

Selanjutnya, para ilmuwan melakukan langkah Pencitraan Resonansi Magnetik (MRI), pemeriksaan otak dan tes psikologis ingatan, waktu reaksi dan dampak yang dihasilkan. Pada hasil tes memori dan waktu reaksi, subjek penderita obesitas ternyata lebih buruk ketimbang subjek yang memiliki berat tubuh seimbang.

Pemindaian MRI menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap area otak yang terkait dengan memori, perencanaan dan pengolahan informasi secara visual. Dibandingkan dengan subjek tubuh normal, dinding korteks penderita obesitas diabetes tipe 2 terus menipis serta menimbulkan kelainan sel putih yang lebih parah. Selain itu, penderita obesitas juga memiliki risiko kerusakan otak lebih tinggi.

Pertanyaannya, apakah hasil studi ini bisa berubah? dr. Donald C. Simonson dari Brigham and Women's Hospital, Boston, Inggris, menjawab "tidak"

"Ketika perubahan struktural terlihat pada MRI Scan, proses yang mengarah ke penderita mungkin telah berlangsung selama bertahun-tahun," katanya.

"Di sisi lain, pasien yang mempertahankan kontrol diabetes mereka dengan baik tampaknya memiliki hasil positif di mana tingkat kemundurannya lebih lambat."

Banyak Konsumsi Air Minum Isi Ulang Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Halaman: 
Penulis : Ferro Maulana, Nugrahenny Putri Untari