logo


Peresmian Rute Kapal Ro-Ro Sejalan dengan Keinginan Jokowi Atasi Ketimpangan Wilayah

Presiden menginginkan adanya usaha untuk memajukan wilayah-wilayah yang selama ini kurang menjadi fokus pembangunan.

30 April 2017 20:25 WIB

Presiden Jokowi dan Presidn Duterte
Presiden Jokowi dan Presidn Duterte Ist

DAVAO, JITUNEWS.COM - Presiden Jokowi mengatakan peresmian rute transportasi kapal Ro-Ro merupakan salah satu wujud kepedulian Presiden Filipina terhadap wilayah-wilayah yang jauh dari ibu kota. 

"Saya tahu bahwa Presiden Duterte sangat peduli dengan wilayah-wilayah yang jauh dari Manila, ibu kota yang kaya," kata Presiden Jokowi dalam acara peresemian pelayaran Ro-Ro di Kudos Port, Davao, Filipina, Ahad (30/4).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya juga melakukan hal yang serupa sebagai presiden, yakni mengatasi masalah ketimpangan wilayah yang terjadi di Indonesia.


Akan Digusur, Warga Minta Jokowi Lakukan Mediasi

"Saya (ketika mulai menjabat sebagai presiden) memutuskan untuk mengatasi ketimpangan yang terjadi di Indonesia," ujarnya.

Dalam hal ini, presiden mencontohkan bagaimana pulau Jawa memiliki penduduk yang sangat padat, dan juga seolah dicap sebagai 'pusat segala hal' dan konsentrasi utama sebagian besar pembangunan di Indonesia.

Oleh karena itu, presiden menginginkan adanya usaha untuk memajukan wilayah-wilayah yang selama ini kurang menjadi fokus pembangunan.

"Saat ini, sebagian besar program pengembangan infrastruktur kami difokuskan pada wilayah luar Indonesia. Kami menyebutnya, membangun dari pinggiran Indonesia," katanya lagi.

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Johny J Lumintang.

Presiden Jokowi: Penjualan Rusunami Harus Tepat Sasaran

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari