logo


Apa yang Harus Ditakutkan dari Hak Angket KPK?

"Angket itu adalah cara sebuah negara hukum yang berdemokrasi yang dalam Undang-Undang Dasar kita diakui bahwasanya kita ini adalah negara hukum demokratis," ucap Margarito.

30 April 2017 12:17 WIB

Pengamat Hukum Tata, Negara Margarito Kamis.
Pengamat Hukum Tata, Negara Margarito Kamis. forumkeadilan.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pakar Hukum Tata Negara (HTN) Margarito Kamis menjelaskan hak angket adalah hak yang dimiliki oleh anggota dewan untuk bertanya dan meminta klarifikasi, dalam hal ini KPK, agar dapat membuktikan fakta atas data yang dimiliki oleh DPR.

Menurutnya KPK dan masyarakat seharusnya tidak perlu takut soal angket DPR tersebut, karena KPK cukup menjawab atas isu-isu yang berkembang saat ini.

"Apa yang perlu ditakuti dari angket, orang cuma minta klarifikasi dan membuktikan fakta, data yang dimiliki DPR, tinggal dijawab saja, apa yang perlu ditakuti, cuma itu doang," ujar Margarito di Jakarta, Minggu (30/4).


Pengamat Formappi Sebut Fahri Hamzah Ingin Lemahkan KPK

Dalam hal ini, Margarito menjelaskan bahwa Hak Angket adalah suatu yang sah di dalam negara hukum yang berdemokrasi yaitu diatur di dalam konsitusi.

"Angket itu adalah cara sebuah negara hukum yang berdemokrasi yang dalam Undang-Undang Dasar kita diakui bahwasanya kita ini adalah negara hukum demokratis," pungkasnya.

Sahkan Hak Angket KPK, Fahri Hamzah Seperti Lakukan Ijab Qabul Baru Lamaran

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Syukron Fadillah