logo


Wow, SPG Kelas Wahid Ramaikan IIMS 2017

Selain modal cantik, SPG atau kerennya disebut usher itu juga dibekali keahlian khusus, yaitu harus menguasai produk.

30 April 2017 06:00 WIB

SPG berpose bersama jenis mobil dari merk Jeep di IIMS 2016.
SPG berpose bersama jenis mobil dari merk Jeep di IIMS 2016. JITUNEWS/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia International Motor Show (IIMS ) 2017 kembali hadir memanjakan mata para penggila otomotif. Puluhan kendaran terbaik entah itu roda dua atau pun roda empat bakal terparkir rapih seolah menggelayuti para penghobi. Tapi, jangan lewatkan faktor yang satu ini, apakah itu?

Ya, faktor sales promotion girls atau biasa disapa SPG jelas tak akan luput dari para pengunjung IIMS 2017. Mungkin tak terlalu berlebihan jika SPG IIMS disetarakan dengan istilah bintang lima.

Tapi jangan lantas berpikiran aneh. Mereka, para SPG tersebut adalah profesional. Mulai dari mematuhi jam kerja, menguasai product knowledge juga pandai meyakinkan konsumen bahwa kendaraan yang dipasarkannya adalah yang terbaik.


IIMS 2017 Jadi Ajang Pertarungan Produk Roda Dua Terbaru antar Brand

Maka tak heran, para SPG bintang lima IIMS acap kali diganjar dengan bayaran yang luar biasa fantastis. Pameran yang berlangsung dari 27 April hingga 7 Mei 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Timur adalah ajang teristimewa bagi para pelaku industri otomotif.

Sedari itu, SPG yang tampil pun luar biasa menggoda, tapi sekali lagi, jangan berpikir aneh, mereka tetap profesional walau tampil secara seksi (terkadang), berparas cantik dan terpenting selalu melemparkan senyum manis yang memikat siapapun yang melintas.

Selain modal cantik, SPG atau kerennya disebut usher itu juga dibekali keahlian khusus, yaitu harus menguasai produk. Sehingga, bisa menjelaskan secara detail kepada pengunjung atau calon konsumen dari setiap merek.

Tahun ini, IIMS diikuti oleh 31 merek yang terdiri dari sepeda motor dan mobil. Masing-masing punya SPG yang siap menjelaskan produk kepada calon konsumen.

Pesona SPG cantik yang menghiasi pameran otomotif itu tak pelak membuat banyak macam pertanyaan, upah yang diterimanya untuk menjadi penghias sebuah stand industri otomotif. Ternyata upah yang diterima mereka bisa dibilang cukup besar.

Setidaknya, seperti hasil reportase JITUNEWS pada gelaran IIMS 2016, seoarang SPG Toyota diganjar dengan upah sebesar Rp 1,3 juta untuk satu kali shift.

"Saya dapat gaji Rp 1,3 juta untuk satu kali shift. Jumlah itu untuk SPG kontrak, kalau anak baru satu shift Rp 1 juta. Ya beda Rp 300 ribu lah sama kita yang kontrak," kata Ayu saat ditemui JITUNEWS di sela-sela pameran IIMS di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/4).

Tapi, kalau mau rajin, bisa juga memperoleh Rp 2,6 juta untuk sekali shift. Bagaimana caranya bisa mendapatkan upah sampai dua kali lipat. "Masuk saja long shift (shift kerja dengan jam kerja lebih panjang," kata Ayu. Satu shift yang normal, standarnya 5,5 jam, plus istirahat satu jam. Untuk long shift, total jendralnya bisa 10-11 jam.

Belasan Brand Mobil Ternama Saling Curi Perhatian di IIMS 2017

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah