logo


Anies Janji Hentikan Reklamasi, Bagaimana Caranya Bongkar Pulau yang Sudah Jadi?

Beberapa pulau yang sudah terlanjur dibangun ini memang cukup sulit untuk dibongkar lagi. Terlebih akan ada kerusakan yang terjadi jika pembangunan yang sudah jadi tersebut dibongkar.

29 April 2017 03:00 WIB

Penampakan proyek reklamasi Pulau G.
Penampakan proyek reklamasi Pulau G. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pasangan Cagub dan Cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno telah berjanji dalam program kerjanya untuk menghentikan reklamasi saat ia terpilih menjadi pemimpin di DKI. Ini dilakukan agar para nelayan dan masyarakat di sana bisa kembali beraktivitas dan bekerja seperti sedia kala.

Melihat reklamasi ini telah dibangun beberapa pulau oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Walhi berharap bahwa reklamasi ini bisa dihentikan oleh Gubernur yang akan datang dengan menggunakan beberapa skenario.

“Dengan posisi menghentikan reklamasi ini kita akan dukung, tapi kita akan lihat juga sejauh mana ini bisa dilakukan oleh gubernur yang akan datang. Kami sih berharap mereka tetap bisa komitmen dengan janji-janjinya itu dan sebaiknya mereka juga melakukan konsultasi-konsultasi bersama publik yang luas untuk mendapatkan cara bagaimana menghentikan reklamasi ini dan juga memperbaiki wilayah di teluk jakarta tersebut,” ujar Direktur Eksekutif Nasional Walhi, Nur Hidayati kepada Jitunews di Hotel Mercure, Jakarta, Jumat (28/4).


Anies-Sandi Tolak Reklamasi, Ahok Janji Restoran dan Pasar untuk Nelayan

Di sisi lain, beberapa pulau yang sudah terlanjur dibangun ini memang cukup sulit untuk dibongkar lagi. Terlebih akan ada kerusakan yang terjadi jika pembangunan yang sudah jadi tersebut dibongkar. Untuk itu, Nur menilai hal ini harus diperhatikan lagi dan disiapkan skenario lanjutan guna mengatasi hal tersebut.

“Untuk daerah yang sudah terlanjur dibangun reklamasi, itu perlu dikaji lagi. Harus dikaji beberapa skenario seperti membongkar lagi sampai skenario apa yang akan dilakukan kalau itu memang pulau tidak bisa di apa-apain lagi. Apa skenarionya yang sekiranya tidak merugikan masyarakat dan lingkungan. Tapi satu yang pasti harus dilakukan, tidak boleh lagi menambah reklamasi meskipun hanya 1 pulau. Langsung hentikan dengan segera saja,” imbuhnya.

Luhut Harap Anies Baswedan Pelajari Lagi Soal Reklamasi

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Vicky Anggriawan
 
×
×