logo


LSM Serukan Agar Reformasi Agraria Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Muhammad Nur Uddin meminta kepada pemerintah agar langkah reformasi agraria yang digelorakan oleh pemerintah mampu meningkatkan kesejahteraan para petani kecil di daerah

25 April 2017 14:43 WIB

Petani membawa padi hasil panen.
Petani membawa padi hasil panen. dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ketua Aliansi Petani Indonesia, Muhammad Nur Uddin meminta kepada pemerintah agar langkah reformasi agraria yang saat ini sedang digelorakan oleh pemerintah mampu meningkatkan kesejahteraan para petani kecil di daerah.

"Kita sangat berharap agar langkah reformasi agraria yang saat ini sedang digelorakan oleh pemerintah saat ini mampu meningkatkan kesejahteraan petani,” demikian kata Muhammad Nur Uddin, di Jakarta, Selasa(25/4).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa masalah yang sering kali terjadi di lapangan adalah para petani hanya sebagai buruh tani, yang mana Ia bekerja di atas lahan milik orang lain.


Dana Desa Ikut Mendorong Penigkatan Hasil di Sektor Pertanian

“Jadi kalau Ia hanya sebagai pekerja maka hidupnya tidak akan menjadi sejahtera,” demikian katanya.

Ia berharap dengan adanya program tersebut mampu memberikan hak atas tanah kepada para petani, sehingga upaya peningkatan kesejahteraan petani bisa segera terwujud.

Seperti diketahui Pemerintahan Presiden Joko Widodo tengah berupaya mencapai target program prioritas Reforma Agraria seluas 9 juta hektar untuk petani dan masyarakat tak bertanah. Reforma Agraria ditujukan untuk mengatasi ketimpangan penguasaan tanah dan kesenjangan ekonomi yang masih terjadi sampai saat ini.

Gempita Kalbar Dukung Program Dinas Pertanian Daerah Tingkatkan Produksi Jagung Kalbar

Halaman: 
Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata