logo


KKP Kembangkan Lawi Lawi untuk Tembus Ekspor

Slamet Soebjakto mengatakan bahwa upaya optimalisasi pemanfaatan varian jenis rumput laut akan terus didorong

25 April 2017 11:06 WIB

Rumput Laut Lawi Lawi
Rumput Laut Lawi Lawi Dok. Humas Djpb

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai salah satu bagian dari segitiga karang dunia, Indonesia disuguhi potensi sumber daya rumput laut yang melimpah. Ada lebih dari 550 jenis rumput laut potensial ada di Perairan Indonesia. KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya terus mendorong upaya pemanfaatan varian rumput laut bernilai ekonomis tinggi, dan berhasil mengembangkan varian baru rumput laut jenis yang dikenal dengan nama lokal lawi-lawi di daerah Sulawesi Selatan

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengatakan bahwa upaya optimalisasi pemanfaatan varian jenis rumput laut akan terus didorong, sehingga akan mampu memberikan manfaat nilai ekonomi bagi masyarakat maupun perekonomian nasional.

“Pengembangan lawi-lawi yang berhasil menembus pasar ekspor menjadi harapan baru bagi Indonesia untuk terus mengeksplorasi sumber daya rumput laut nasional, sehingga harapan Indonesia menjadi kiblat rumput laut dunia dapat terwujud,” ujar Slamet saat dimintai keterangan Senin (24/4).


Menteri Susi Sebut Penangkapan Kapal Periode Januari-April 2017 Terbanyak

Menurutnya, sejak lama KKP menjadikan komoditas rumput laut sebagai unggulan utama komoditas perikanan budidaya. Di samping memiliki nilai strategis dalam menopang perekonomian nasional, budidaya rumput laut juga menjadi usaha yang telah menyentuh aspek pemberdayaan masyarakat.  

“Rumput laut lawi-lawi telah berhasil menopang ekonomi masyarakat, harapannya kedepan akan semakin berkembang seiring dengan permintaan pasar yang lebih luas,” ungkap Ratte Daing Bella, salah satu pembudidaya. 

Ditambahkan Ratte usaha ini telah memberikan dampak bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Dengan harga jual basah berkisar Rp150.000 sampai Rp250.000 per karung, dirinya memperoleh penghasilan hingga 15 juta per bulan untuk lahan tambak yang dimilikinya seluas 3.200 m2.

KKP Kerjasama dengan Interpol, Lakukan Penangkapan Kapal Asing di Perairan Anambas

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata