logo


Ahok Akan Bacakan Pledoi di Sidang Hari Ini

Salah satu pokok yang menjadi materi pledoi adalah membuktikan jika jaksa tidak memiliki alat bukti yang mendukung untuk menuntut Ahok.

25 April 2017 06:30 WIB

Sidang Ahok
Sidang Ahok Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Terdakwa kasus dugaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan membacakan nota pembelaan (pledoi) dalam sidang yang akan digelar di auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), hari ini, Selasa (25/4).

Kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudirta, mengaku, pihaknya pun telah menyusun nota pembelaan yang akan disampaikan di depan majelis hakim.

"Sudah kita susun. Kita semua pada begadang untuk pledoi itu. Udah berhari-hari begadang. Rata-rata sampai jam 3 pagi, istirahat, jam 8 mulai lagi. Sekarang mterinya sudah siap. Pada intinya berdasarkan apa yang ada di sidang aja," beber Wayan ketika dikonfirmasi, Senin (24/4) malam.


Jaksa Agung Berikan Penjelasan Penundaan Sidang Ahok

Wayan mengaku, salah satu pokok yang menjadi materi pledoi adalah membuktikan jika jaksa tidak memiliki alat bukti yang mendukung untuk menuntut Ahok.

“Kita buktikan bahwa jaksa tidak punya alat bukti untuk mendukungnya. Karena saksinya tidak melihat. Itu kan hanya pelapor saja, bukan saksi yang melihat mendengar, jadi tidak bisa jadi alat bukti. Ahlinya juga begitu, terdiri dari orang yang punya kepentingan, jadi tidak bisa dijadikan alat bukti,” kata Wayan, seperti diwartakan kumparan.

Untuk diketahui, saat ini Ahok berstatus sebagai terdakwa dalam perkara dugaan penodaan agama terkait pidatonya yang menyinggung Surat Al-Maidah Ayat 51.

Dalam sidang sebelumnya, jaksa penuntut umum (JPU) menyatakan terdakwa Ahok secara sah melakukan tindak pidana. JPU menyatakan Ahok terbukti secara sah melanggar pasal 156 KUHP tentang penodaan agama. Ahok pun dituntut 1 tahun pidana dengan masa percobaan selama 2 tahun. Artinya, jika vonis hakim sama dengan tuntutan jaksa, maka Ahok tidak akan dipenjara, kecuali selama dua tahun hukuman percobaan itu Ahok melakukan tindak pidana.

Kata Djan Faridz Soal Sidang Ahok : Masya Allah Lu Tega Amat

Halaman: 
Penulis : Riana