logo


Relawan Digital INSIDER Sukses Pengaruhi Generasi Muda Pilih Anies-Sandi

Yang disasar INSIDER adalah pengguna internet (internet user) aktif dan berusia muda.

24 April 2017 15:30 WIB

Anthony Leong, juru bicara Sahabat Anies-Sandi
Anthony Leong, juru bicara Sahabat Anies-Sandi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kemenangan Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Sandiaga Uno dalam perhelatan Pilkada DKI Jakarta 2017 tak lepas dari peran para relawan digital Anies Sandi yang tergabung dalam INSIDER (Anies-Sandi Digital Volunteer).

Di sana ada Anthony Leong yang mengkoordinasikan tim menjadi salah satu simpul berpengaruh dalam mendulang suara pemilih. Yang disasar INSIDER adalah pengguna internet (internet user) aktif dan berusia muda.

Anthony Leong dikenal sebagai seorang digital marketing handal di Indonesia. Sejak awal pencalonan Anies-Sandi, ia telah bergabung menjejal potensi pemilih muda melalui dunia maya untuk Anies-Sandi.


Timses Anies-Sandi tak Pedulikan Pemberitaan Media Asing

"Untuk itu, seluruh relawan digital atau relawan cyber harus bisa manfaatkan seluruh kekuatan ini," ujar Anthony kepada Jitunews.com, Senin (24/4/2017).

Anthony mengaku, media sosial memiliki peran yang sangat krusial untuk memenangkan pasangan Anies-Sandi.

"Hal tersebut karena melalui medsos bisa menyampaikan pesan yang lebih mendalam kepada masyarakat," lanjutnya.

Peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Siti Zuhro, mengakui bahwa relawan digital telah memberikan efek kuat untuk mempengaruhi pilihan para netizen terhadap kandidat cagub- cawagub pada kontesasi Pilkada DKI yang baru saja usai.

"Mereka (INSIDER) berhasil mengemas kampanye dengan menarik dan distribusinya terstruktur, sehingga menggugah para netizen yang saat ini didominasi anak muda ini. Seperti misalnya dengan mengangkat karakter Sandiaga Uno yang gesit, gemar berolahraga, stylish, dan penuh ide- ide kreatif," terangnya.

Menurut Siti, para pengguna media sosial lebih condong memihak kepada tokoh- tokoh muda yang menawarkan perubahan. Untuk itu, cara- cara berkampanye politik secara konvensional, atau secara sengaja mengangkat isu- isu negatif untuk menjatuhkan pihak lawan, sudah tidak lagi diminati.

"Orang- orang muda, senang dengan tokoh- tokoh muda. Apalagi, bila didukung dengan tim yang mampu menyampaikan komunikasi politik dengan baik, atau menggunakan simbol – simbol baru yang unik dan mudah diingat masyarakat seperti  gerakan Ok Oce," paparnya.

Timses Anis-Sandi: Kami Fokus Kawal Perhitungan Surat Suara

Halaman: 
Penulis : Garry Talentedo Kesawa, Marselinus Gunas