logo


Sembako Ahok Ternyata Jadi Rezeki Kemenangan Anies-Sandi

Jumlah pendukung Ahok- Djarot yang memilih dengan alasan integritas cenderung menurun.

23 April 2017 08:00 WIB

Barang bukti sembako yang dilaporkan tim Anies-Sandi.
Barang bukti sembako yang dilaporkan tim Anies-Sandi. kumparan

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hujan sembako di masa tenang rupanya membuat kubu Anies Baswedan-Sandiaga Uno untung besar. Hal tersebut disampaikan oleh konsultan politik pasangan nomor urut tiga, Eep Saefullah Fatah.

Kabarya, hujan sembako di masa tenang jelan pencoblosan Pilkada DKI Jakartadilakukan oleh tim pemenangan Ahok-Djarot.

Bukannya malah menjauhkan perolehan suara, trik hujan sembako justru malah menyedot suara pendukung Ahok-Djarot beralih ke Anies-Sandi. Padahal, kata Eep, survei terakhir yang mereka lakukan jumlah undecided voters tinggal delapan persen saja.


Bantah Bagi-bagi Sembako, Tim Ahok: Ini Reaksi dari Apa yang Dilakukan Pasangan Sebelah

"Jawaban saya adalah, 28 persen pemilih Jakarta menurut exit poll, memutuskan pilihannya pada masa tenang dan hari H," ujar Eep dalam diskusi di kawasan Cikini, Sabtu (22/4).

Ternyata, kata Eep, 20 persen sisanya adalah pemilih Ahok- Djarot maupun Anies-Sandi yang belum menentukan pilihan secara mantap dan masih bisa berubah-ubah.

"Nah yang 28 persen memutuskan pilihan itu dan ternyata mereka adalah basis Ahok-Djarot yaitu dari menengah atas, mereka yang sangat rasional, yang sangat menimbang kinerja, yang menimbang integritas. Itulah datanya," kata suami Sandrina Malakiano itu.

Eep mengatakan dia memang tidak melakukan survei soal alasan pendukung Ahok-Djarot dari kalangan menengah ke atas mengalihkan suaranya. Namun, dia menduga ini karena gencarnya isu pembagian sembako oleh tim Ahok-Djarot menjelang pencoblosan.

Sebab, jumlah pendukung Ahok- Djarot yang memilih dengan alasan integritas cenderung menurun.

"Saya khawatir musim sembako ini memberikan kontribusi yang sangat besar, yang merupakan sedekah dari tim Ahok-Djarot kepada tim Anies-Sandi. Untuk memindahkan basis pemilih mereka di menengah ke atas berpindah ke Anies-Sandi," ujar Eep.

Suara Takbir dan Sorakan Sembako Ramaikan Penghitungan Suara di TPS 28

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah