logo


Eep Tegaskan, Anies-Sandi Menang Bukan Karena Isu Primordial

Hanyalah kebetulan saja, dari 22 persen pemilih berdasarkan agama menjatuhkan pilihannya untuk pasangan penantang.

23 April 2017 07:30 WIB

Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical) mengadiri perayaan Anies-Sandi di rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (19/4)
Mantan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (Ical) mengadiri perayaan Anies-Sandi di rumah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (19/4) detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Konsultan tim pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Eep Saefulloh tak suka disebut bahwa kemenangan yang diraih akibat banyaknya pemilih tidak rasional yang memilih bukan Ahok-Djarot.

Eep menegaskan, Anies-Sandi menang bukan karena isu primordial.

"Di Jakarta sampai dengan exit poll, hanya 22 persen yang memilih karena agama dari semua pemilih yang ada," demikian ucap Eep dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4).


Dapat Dukungan PPP-PKB dan Pemilih Agus, Suara Ahok Justru Melorot

Eep menjelaskan, berdasarkan real count milik Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, jumlah suara Anies-Sandi mencapai 58 persen. Itu artinya, sedikitnya ada 36 persen suara untuk Anies-Sandi yang tak terpengaruh akan isu primordial. Hanyalah kebetulan saja, dari 22 persen pemilih berdasarkan agama menjatuhkan pilihannya untuk pasangan penantang.

"Kita tidak bisa dong mengatakan Anies-Sandi menang karena isu primordial. Apalagi kalau disimpulkan pemilih Jakarta primordial," ujar Eep.

Penyebab Anies-Sandi Menang, Musuh Lengah di Lima Hal Berikut

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah