logo


Menpora Habiskan Akhir Pekan di Pulau 'Oksigen' Ini, Seperti Apa?

Tingginya kadar oksigen di Pulau Giliyang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup para penduduknya.

23 April 2017 07:15 WIB

Pulau Giliyang memiliki kadar oksigen terbaik setelah Yordania.
Pulau Giliyang memiliki kadar oksigen terbaik setelah Yordania. Travelsia

SUMENEP, JITUNEWS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, bertolak ke Pulau Giliyang, Madura, Sabtu (22/4/2017). Menurut informasi yang dihimpun, Imam dan rombongan tiba di pulau yang diklaim memiliki kadar oksigen terbaik di Indonesia tersebut pada pukul 21.00 WIB.

Imam pun langsung terkesan dengan udara di Pulau Giliyang yang menurutnya segar dan bersih. Ia pun berencana melakukan kegiatan jalan di pagi hari, Ahad (23/4).

"Luar biasa udara di sini terasa berbeda dari tempat lain, selamat menikmati segarnya udara, besok kita jalan sehat bersama. Semoga pulau ini menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Sumenep, semakin banyak yang datang kemari untuk olahraga meningkatkan kebugaran dan kesehatan," kata Imam, dikutip dari laman resmi Kemenpora, Sabtu (22/4).


Buset, 50 Pulau di Indonesia adalah Milik Pribadi. Punya Orang Asing?

Imam beserta rombongan menghabiskan malam di Pulau Giliyang dengan berkumpul santai sambil menikmati ikan bakar. 

Pulau yang memiliki luas 9,15 km persegi itu terdiri dari dua desa, yakni Desa Banraas dengan 4.200 jiwa penduduk dan Desa Bancamara mempunyai 3.860 jiwa penduduk.

Pulau Giliyang disebut sebagai Pulau 'Oksigen' bukan tanpa alasan. Tingginya kadar oksigen di pulau tersebut sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup para penduduknya, yang rata-rata dapat hidup hingga mencapai usia 100 tahun dan masih terlihat sehat.

Pulau Giliyang diklaim sebagai wilayah yang memiliki oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania. Pulau ini pun dapat menjadi rujukan bagi mereka, terutama para lansia, yang ingin menikmati kebersihan udara di hari senjanya.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa juga sempat mengunjungi Pulau Giliyang pada Juli 2016 lalu. "Oksigen di sini cukup bagus. Kita ingin menjadikan tempat ini salah satu rujukan bagi warga lansia di Indonesia, agar mereka juga mendapatkan udara yang sehat dan segar," kata Khofifah kala itu.

Pulau Giliyang ini terletak di wilayah kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Untuk sampai ke Pulau Giliyang, pengunjung harus menempuh perjalanan dari Pelabuhan Dungkek menggunakan perahu motor.

Tanpa Sentuh Uang Negara, Pulau Bintan Akan Miliki Bandara Pribadi

Halaman: 
Penulis : Nugrahenny Putri Untari