logo


Kalah-Menang Bagi PDIP Hal Bisa, Terpenting yang Untung Warga Jakarta

Salah satu penyebab kalahnya Ahok-Djarot adalah karena tim Anies-Sandi pandai mengelola isu.

23 April 2017 06:00 WIB

Politisi PDIP Masinton Pasaribu.
Politisi PDIP Masinton Pasaribu. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu menyatakan bahwa salah satu penyebab kalahnya Ahok-Djarot adalah karena tim Anies-Sandi pandai mengelola isu.

Dalam sebuah diskusi yang mengangkat tema 'Setelah Pilkada Usai', Masinton menjelaskan bahwa sedikitnya ada tiga faktor penting dalam Pilkada DKI Jakarta.

"Menurut PDIP, dalam pilkada ada tiga hal, yaitu figur atau aktor, mesin politik, dan pengelolaan isu. Di Jakarta ini, pengelolaan isu lebih jago Anies-Sandi. Mulai dari isu tujuh program tadi sampai isu sentimen disampaikan," demikian kata Masinton di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4).


Anies-Sandi Menang, Timses: Ini Kemenangan Masyarakat Jakarta

Faktor isu tujuh program unggulan Anies-Sandi ikut mengkatrol perolehan suara. Untuk itu, ia ingin memastikan agar program-program tersebut benar-benar bisa direalisasikan lebih dari sekedar janji-janji. Masinton pun mewanti-wanti agar Anies-Sandi benar-benar bisa transparan terkait penggunaan anggaran agar APBD DKI Jakarta bisa selamat.

"Selain tujuh program Anies-Sandi direalisasikan, bisa meneruskan program Basuki-Djarot, yang mampu meningkatkan birokrasi secara transparan dan profesional. Sehingga APBD Jakarta bisa terselamatkan dari orang yang tidak bertanggung jawab," ucap Masinton menambahkan.

Meski begitu, entah mengapa, Masinton mengungkit terkait Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, yang baginya gubernur DKI baru harus bisa menjaganya.

"Program itu bukan hanya disampaikan, tetapi harus dikerjakan. Kemudian juga adalah menjaga Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika," lanjutnya.

Masinton secara tersirat sepertinya telah mengakui kekalahan Ahok-Djarot dalam pilkada kali ini. Ia menekankan bahwa menang atau kalah sesungguhnya adalah hal biasa. Terpenting, warga Jakarta dapat merasakan atau menjadi pihak yang paling diuntungkan dari kemenangan Anies-Sandi tersebut.

"Dinamika menang-kalah itu biasa. Warga Jakarta harus diuntungkan oleh hal itu. Kita berharap Pak Anies-Sandi duduk bareng sama Pak Ahok-Djarot untuk ke depannya dalam menata Kota Jakarta ke depan," sahut Masinton mengakhiri.

Anies Mulai Lakukan Sosialisasi Program ke Pemprov DKI Jakarta

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah