logo


Luhut Harap Anies Baswedan Pelajari Lagi Soal Reklamasi

Luhut berharap agar Anies kembali mempelajari proyek reklamasi. Pasalnya, imbuh Luhut, proyek reklamasi justru bakal memberi keuntungan bagi warga DKI.

21 April 2017 07:30 WIB

Menko Maritim dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan menjawab pertanyaan wartawan.
Menko Maritim dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan menjawab pertanyaan wartawan. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai Anies Baswedan belum memahami proyek reklamasi. Hal tersebut dikatan Luhut menanggapi rencana Anies yang bakal menghentikan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

"Mungkin Pak Anies belum tahu data yang banyak," ujar Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/4).

Luhut berharap agar Anies kembali mempelajari proyek reklamasi. Pasalnya, imbuh Luhut, proyek reklamasi justru bakal memberi keuntungan bagi warga DKI.


PTUN Batalkan Izin Reklamasi, Sandi: Ini Kemenangan Rakyat

"Saya kira setelah lihat datanya dari hasil penelitian tentu akan datang dengan pikiran lebih jernih," imbuh Luhut.

Luhut menambahkan, proyek reklamasi didasari oleh kepentingan nasional dan kepentingan Jakarta. Apalagi di Jakarta mengalami penurunan tanah hinggal 23 centimeter tiap tahunnya.

"Kita bicara untuk kepentingan nasional kepentingan Jakarta," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan tegas menolak reklamasi Teluk Jakarta. Menurut mereka, reklamasi terbukti tidak memberi kesejahteraan kepada para nelayan yang sudah tinggal lama di daerah tersebut. Terlebih, Sandiaga Uno mengatakan ini dilakukan untuk mengangkat derajat kehidupan para nelayan di sana.

“Saya tidak perlu muter-muter jawabnya, langsung saja saya adalah bagian dari bapak dan saya berkali-kali mengunjungi kampung nelayan. Saya tahu betapa sulitnya bapak-bapak sekarang, karena itu saya menolak reklamasi dengan semangat ingin mengangkat derajat kehidupan para nelayan,” kata Sandi dalam debat pasangan calon gubernur DKI Jakarta, Rabu (11/4) malam.

Anies-Sandi Tolak Reklamasi, Ahok Janji Restoran dan Pasar untuk Nelayan

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan